Apa saja penyebab seseorang terserang kanker usus besar

Terdapat faktor penyebab kanker usus besar, penyebabnya tidak Cuma satu, tetapi terdapat lebih dari satu. Namun rata-rata yang wajib untuk Anda hindari yakni makanan yang terdapat kandungan zat berbahaya di dalamnya. Nama lain untuk kanker usus yakni kanker usus besar.

Apa saja penyebab seseorang terserang kanker usus besar

Alasannya adalah karena terdapat pada lapisan dalam organ usus besar. Untuk bentuknya yaitu berupa polip, atau gumpalan dari sel prakanker. Faktor penyebab dari sel prakanker yakni jamur, jamur tersebut tersembunyi di dinding organ usus besar manusia.

Serangan kanker usus besar

Disebutkan oleh Centers for Disease Control apabila penyakit kanker usus besar tersebut lebih sering menyerang pria dibandingkan menyerang wanita. Untuk Anda kenali beberapa faktor penyebab mengapa seseorang dapat terserang penyakit kanker usus besar, antara lain.

Pertama. Umur

Ini merupakan faktor penyebab nomor satu. Bahkan dapat dibilang sebagai faktor paling sering yang menyebabkan seseorang terjangkit oleh kanker usus besar. umumnya orang dengan usia lebih dari 50 tahun itu yang paling riskan pada prakanker, dan perkembangan menuju kanker usus besar yang lebih mudah.

Tetapi di balik itu semua. Tidak berarti faktor umur ini dapat dijadikan patokan utama bagi seseorang yang terjangkit kanker usus besar, karena masih ada faktor yang lainnya juga.

Kedua. Alkohol

Apabila seseorang sering minum minuman beralkohol, dan minumnya dalam jumlah yang banyak, bisa meningkatkan resiko orang tersebut mengidap kanker usus besar yang lebih besar. Juga, alkohol bisa menjadi penyebab mengapa seorang wanita terjangkit penyakit kanker payudara.

Alkohol akan merusak jaringan tubuh manusia, terutama pada bagian tenggorokan beserta mulut. Alkohol juga akan mempengaruhi DNA pada sel-sel tubuh seseorang menjadi rusak. Di mana ini merupakan kondisi awal mengapa seseorang dapat terjangkit penyakit kanker yang berbahaya, termasuk kanker usus besar.

Ketiga. Diabetes tipe 2

Sudah pernah dilakukan penelitian, yang menyebutkan hasil apabila kemungkinan besar seorang pasien diabetes itu bisa terserang penyakit kanker usus besar. Di mana penyakit ini memiliki resiko yang cukup tinggi, kurang lebih sebanyak 40% menyebabkan seseorang terjangkit kanker usus.

Alasan utama yakni disebabkan oleh kadar insulin dalam tubuh pasien yang meningkat, kemudian berkembang biak dalam sel usus seseorang. Dan juga akan mengubah kelangsungan hidup sel, oleh sebab itu akhirnya dapat menyebabkan kanker usus terjadi.

Keempat. Daging merah

Apabila seseorang memakan daging merah, dengan kandungan lemak hewani tinggi, serta daging olahan namun ada campuran bahan pengawet. Jenis-jenis makanan tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami kanker usus besar. Karena makanan tersebut bisa mengakibatkan proses peradangan pada organ usus.

Lemak hewani yang tinggi dalam makanan, khususnya daging merah, dan juga bahan pengawet dalam makanan daging olahan, itu memiliki sifat merusak plus menghambat DNA pada sel pelapis organ usus. Organ usus pun dapat mengalami kerusakan DNA, di mana ini adalah faktor penyebab yang paling utama seseorang terserang kanker usus besar.

Kelima. Lingkungan

Penyebab kelima adalah faktor lingkungan. Lingkungan memang memberikan peranan yang cukup besar untuk perkembangan dari sel kanker usus pada tubuh manusia. Contoh lingkungan ini misalnya saja lingkungan yang tercemar berbagai jenis dari bahan kimia, mulai asap tembakau hingga pencemaran air. Jadi, lingkungan ini lebih ke arah lingkungan sekitar tempat Anda hidup. Semakin tercemar, maka itu semakin kurang baik dan meningkatkan resiko seseorang terserang kanker usus.