Bahaya kanker serviks Waspada!

Jika Anda sebelumnya mungkin pernah mendengar mengenai kanker serviks, tentu membuat was-was. Karena jenis kanker ini termasuk penyebab kematian wanita dengan angka tertinggi pada negara Indonesia. Sudah menjadi isu kesehatan yang kerap mengganggu banyak wanita dan membuat para wanita merasa takut, tetapi sesungguhnya, apa saja bahaya dari kanker serviks yang menanti? Mari baca selengkapnya.

Bahaya kanker serviks Waspada

Faktor resiko penyakit kanker serviks

Di bawah ini merupakan beberapa daftar orang dengan resiko terserang kanker serviks, atau faktor resiko dari kanker serviks pada wanita.

  • Orang dengan tingkah laku s*ks*al yang tak baik, contohnya sering bergonta-ganti pasangan. Resiko tersebut jauh lebih besar dibandingkan seorang wanita dengan infeksi virus HPV.
  • Wanita sering melakukan hubungan s*ks*al bersama orang lain, mempunyai resiko terinfeksi Human Papillomavirus, virus HPV. Di mana penularannya dari hubungan s*ks*al serta dapat menjadi faktor penyebab serangan kanker serviks tertinggi dibandingkan yang lainnya.
  • Pecandu alkohol dan perokok juga mempunyai resiko cukup tinggi atas serangan kanker serviks. Alkohol dan rokok dapat merusak sistem antibodi tubuh, karena itu dapat mengakibatkan pertumbuhan dari virus HPV lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Mendeteksi kanker serviks

Kanker serviks dan penanganan dini akan bisa meningkatkan persentase keberhasilan penyembuhan untuk pasien. Tetapi tetap saja pasien seringkali terlambat dalam memberikan penanganan, sebab pasien terlambat dalam mengetahui jika diri mereka terserang kanker serviks. Test Pap Smear merupakan tes yang dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini, sebelum berlanjut ke stadium kanker yang lebih berat.

Metode Pap Smear merupakan metode menggunakan cara pengambilan sampel jaringan bagian leher rahim, selanjutnya diperiksa memakai perlengkapan medis seperti mikroskop. Dengan begitu hasil diagnosis akan lebih akurat.

Proses kanker serviks menyerang seorang wanita

Penyakit ini umumnya tak akan menyebabkan gejala apapun. Kanker serviks bisa tumbuh disebabkan oleh pertumbuhan dari sel yang abnormal pada bagian leher rahim seorang wanita. Pertumbuhan tersebut diakibatkan karena infeksi virus HPV. Dan penularan virus tersebut bisa karena orang lain yang sebelumnya sudah terinfeksi terlebih dahulu, melalui media hubungan int*m.

Peningkatan resiko terserang kanker serviks akan terjadi apabila sering terjadi kontak s*ks*al dengan banyak pasangan. Di mana infeksi dari virus HPV dapat menjadi faktor penyebab terjadinya kanker serviks dan tidak ada gejala khusus yang disebabkan olehnya. Virus yang sudah masuk menuju rongga leher rahim tak bisa menghilang sendiri jika tak diberikan pengobatan, untuk beberapa orang dapat memperoleh infeksi virus yang akan memancing pertumbuhan dari sel kanker tersebut.

Gejala kanker serviks

Berikut ini merupakan beberapa gejala dari kanker serviks yang wajib untuk Anda waspadai. Perubahan dari semua sel abnormal yang terjadi di bagian leher rahim dasarnya sama sekali tak menyebabkan ciri-ciri atau gejala kanker serviks. Problem tersebut diakibatkan karena tak muncul rasa sakit ketika pertumbuhan sel yang tidak normal terjadi di leher rahim. Tetapi beberapa macam gejala yang lain dapat terjadi ketika proses infeksi menjadi lebih parah, adapun gejala-gejala tersebut dapat Anda baca berikut ini:

  • Keputihan parah: Level keputihan parah dapat mengakibatkan masalah dini penyakit kanker. Keputihan diakibatkan karena pertumbuhan sel yang abnormal menyerang di bagian leher rahim.
  • Rasa nyeri ketika berhubungan in**im
  • Rasa nyeri parah di bagian panggul: Ini terjadi karena sel kanker sudah tumbuh di leher rahim tetapi tak bisa dikenali melalui bagian luar.
  • Pendarahan hebat