Cara-cara mengobati penyakit kanker hati

Apabila gejala penyakit kanker hati sudah berhasil didiagnosis, yang selanjutnya adalah mendiskusikan mengenai cara pengobatan yang hendak dijalankan. Di mana itu juga akan menjadi rencana perawatan untuk pasien, yang akan dilalui oleh pasien. Di tahap ini, pasien juga perlu untuk menghitung total anggaran, karena biaya pengobatan tersebut biasanya cukup mahal, jadi tidak boleh sembarangan.

Cara-cara mengobati penyakit kanker hati

Namun untuk total anggaran dan cara-cara mengobati, kesemua itu juga bergantung. Bergantung ke keadaan pasien, bahkan dokter juga mungkin meminta pasien untuk melakukan berbagai jenis perawatan. Beberapa di antaranya yakni:

Cara perawatan dokter dalam mengobati kanker hati

Onkologi radiasi

Pada cara onkologi radiasi, seorang dokter merawat pasien penyakit kanker memakai terapi radio.

Onkologi medis

Selain onkologi radiasi, juga ada onkologi medis. Pada cara ini, tenaga medis melakukan perawatan pada pasien kanker memakai beberapa obat-obatan, salah satunya yakni kemoterapi.

Ahli bedah

Cara perawatan yang terakhir yakni memakai cara operasi. Di mana operasi ini untuk mengangkat sel kanker di tubuh penderita.

Macam cara mengobati penyakit kanker untuk kelangsungan hidup dari pasien

Jika memang dokter sudah menentukan apabila kanker yang diderita oleh pasien tak dapat dihilangkan memakai metode operasi, umumnya dokter akan meminta pasien supaya melakukan metode pengecilan tumor. Selain itu melakukan cara memperlambat pertumbuhan dari sel tumor juga.

Tetapi rata-rata dari cara perawatan tersebut memang tak bisa menyingkirkan sel kanker seluruhnya. Adapun jenis-jenis metode tersebut yakni:

Chemoembolization

Ini adalah jenis kemoterapi. Di mana obat disuntikkan ke arteri hepatica, dan kemudian aliran darah yang berasal dari arteri yang diblokir dengan waktu singkat, oleh sebab itu kemoterapi tetaplah berada di dalam sel tumor.

Kemudian akan memblokir suplai darah yang menuju ke tumor, membunuh sel kanker. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai pengobatan saja, namun Chemoembolization ini pun dapat dimanfaatkan untuk proses memperlambat pertumbuhan dari penyakit tumor. Untuk orang dengan penyakit kanker hati, di mana pasien tersebut menunggu proses untuk transplantasi hati, sebab donor hati tentu saja tidak bisa didapatkan dengan cepat juga.

Cyrosurgery

Merupakan cara pengobatan dengan menggunakan proses pendinginan ekstrim. Kegunaan dari metode Cyrosurgery ini yakni membekukan dan membunuh sel kanker.

Imunoterapi

Yang berikutnya yakni imunoterapi, sebuah terapi biologi yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang alami. Dengan begitu tubuh akan bisa melawan serangan kanker. Bahan-bahan yang digunakan di Imunoterapi mempunyai fungsi dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Tetapi imunoterapi mempunyai efek samping. Efek samping tersebut antara lain demam, menggigil, nyeri otot, kelelahan, dan juga sakit kepala.

Terapi radiasi

Juga ada metode terapi radiasi. Terapi ini memanfaatkan sinar-X, dan partikel lainnya. Terapi radiasi bertujuan menghancurkan sel kanker yang terdapat di tubuh pasien. Sejumlah proses pengobatan ada dalam proses terapi ini, dan diberikan dalam periode tertentu, serta dibagi lagi ke dalam 2 tipe yaitu:

Terapi radiasi internal dan terapi radiasi eksternal. Untuk internal, akan menempatkan manik-manik radioaktif dalam arteri tubuh, di mana arteri tersebut memasok tumor. Jadi cara yang sama dengan metode Chemoembolization. Untuk yang eksternal, radiasi diberikan memakai mesin, dari luar tubuh. Namun tidak sering dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kanker hati.

Efek samping

Terapi radiasi mempunyai efek samping. Antara lain kelelahan, sakit perut, dan kulit ringan. Efek samping dapat terjadi sesudah pasien kanker melakukan terapi radiasi.