Cara mencegah penyakit kanker Tiroid

Kelenjar tiroid dapat terserang oleh penyakit kanker, disebut juga dengan kanker tiroid. Asalkan dirawat dengan tindakan yang tepat, sesungguhnya penyakit ini dapat disembuhkan. Pada dasarnya tiroid dimiliki oleh semua orang, yang memiliki fungsi untuk mengatur tekanan darah, suhu tubuh, kondisi berat badan, denyut jantung.

Cara mencegah penyakit kanker Tiroid

Masalah kesehatan kompleks dapat terjadi apabila terdapat gangguan pada kelenjar tiroid. Sekarang ini, faktor penyebab utama mengapa kanker kelenjar tiroid dapat terjadi masih terus dilakukan penelitian, jadi masih belum ditemukan. Tetapi proses awal dari terbentuknya kanker tiroid yakni saat terdapat beberapa jumlah sel pada kelenjar tiroid yang mengalami mutasi genetik.

Perubahan tersebut akan mendorong sel supaya tumbuh lebih cepat dan kemudian berkembang biak, hingga akhirnya melebihi jumlah sel normal yang seharusnya. Saat terdapat produksi sel yang terlalu tinggi yang terus berkembang dan hidup, sel tak dapat mati dalam waktu lebih cepat.

Pada akhirnya pertumbuhan sel yang tidak normal itu pun akan menjadi sel dengan sifat abnormal di bagian tiroid, dan merupakan awal tumor penyebab penyakit kanker. Sel abnormal tersebut hanya dapat di bagian dari kelenjar tiroid saja, tetapi akan menyebar menuju bagian tubuh lainnya seiring waktu. Karena itu, seseorang yang mempunyai resiko cukup tinggi terserang penyakit ini, harus melakukan upaya pencegahan sebelum terlambat.

Tips pencegahan kanker tiroid

Hindari radiasi

Kanker tiroid merupakan penyakit yang bisa menyerang siapapun tanpa pandang bulu. Oleh karena itu salah satu tipsnya untuk menghindari semua macam paparan radiasi. Itu termasuk pemeriksaan X ray, CT Scan, serta beberapa tes sejenis lainnya, karena semua itu menggunakan radiasi. Jika memang Anda harus menggunakan tes yang memanfaatkan radiasi, maka dosis yang benar-benar rendah dibutuhkan.

Istirahat teratur

Istirahat teratur dan cukup dibutuhkan oleh tubuh. Istirahat juga harus balance, jangan terlalu berlebihan dan jangan kurang. Saat tubuh bekerja terlalu banyak, dapat menyebabkan beberapa macam gangguan, khususnya sistem kelenjar tiroid.

Di sini, istirahat teratur itu tidak hanya tidur, namun juga bisa dengan bersantai. Contohnya menikmati udara segar, kumpul dengan keluarga, itu semua merupakan contoh-contoh langkah yang dapat Anda terapkan untuk mencegah serangan penyakit kanker tiroid. Cara ini juga termasuk cara yang termudah untuk diterapkan.

Menghindari rokok

Resiko kanker tiroid dapat meningkat karena aktivitas merokok. Rokok juga mengandung nikotin, yang dapat berubah menjadi karsinogen, zat pembangun kanker di dalam tubuh. Selain itu rokok juga tak baik bagi kesehatan, termasuk bisa menyebabkan kanker tenggorokan.

Pola makan

Supaya terhindar dari kanker tiroid, Anda sebisa mungkin konsumsi variasi makanan dengan kandungan yodium jumlah kecil. Untuk penderita penyakit kanker tiroid dapat mencoba menjalankan beberapa rules berikut ini.

Makanan yang harus Anda hindari

  • Semua jenis keju, susu, es krim, produk olahan susu, yogurt, dan mentega
  • Semua makanan dengan kandungan yodium tinggi
  • Kuning telur
  • Macam-macam makanan dengan olahan kacang-kacangan dan kedelai
  • Macam-macam makanan yang asalnya dari laut, itu termasuk juga rumput laut
  • Makanan yang diolah dengan dipanggang, memakai bahan pengawet, dan dibakar

Makanan yang disarankan

Makanan fresh dan segar, contohnya, daging yang sudah dimasak, buah, dan sayur. Untuk memasak daging, usahakan sedikit garam, atau bisa dengan alternatif memakai garam beryodium rendah. Hanya itu saja yang sebaiknya Anda coba jalankan, cukup mudah bukan.