Cara pencegahan kanker usus metode alami

Sekarang orang-orang banyak yang bertanya tentang mencegah terserang kanker usus. Khususnya orang dengan resiko tinggi terserang penyakit kanker. Walaupun banyak orang yang sudah menerapkan lifestyle sehat tetapi tetap saja bisa terserang kanker.

Cara pencegahan kanker usus metode alami

Bagaimanapun Anda khawatir, tetapi jika tak ada usaha yang menyertai maka akan percuma. Pengaruh apapun tidak akan terjadi jika hanya khawatir. Anda wajib mengerti mengenai apa usaha yang harus Anda lakukan dalam mencegah penyakit kanker usus yang berbahaya tersebut datang.

Kumpulan cara pencegahan penyakit kanker usus yang sebaiknya dilakukan

Penyakit kanker usus merupakan penyakit yang membawa bahaya yang amat sangat. Penyakit kanker usus besar ini termasuk ke dalam kategori yang merupakan pembunuh diam-diam, penyakit ini dapat memakan banyak korban. Berikut beberapa hal yang harus mendapat perhatian lebih dari Anda jika ingin melakukan pencegahan terserang kanker usus.

  • Hentikan kebiasaan merokok

Aktivitas merokok merupakan aktivitas yang termasuk dalam kebiasaan. Jika tidak dihentikan mulai dari sekarang, akan terus berulang. Merokok adalah faktor penyebab kanker usus besar menyerang.

Tidak sedikit orang yang mengerti bahaya dari merokok, walaupun begitu orang-orang tersebut terus melakukannya. Di dalam rokok terdapat kandungan zat nikotin yang tak dapat diuraikan oleh organ usus.

Karena alasan tersebutlah maka zat nikotin yang menempel di organ usus kemudian berubah jadi toksin atau racun yang berbahaya untuk usus. Berikut beberapa analisis dari ahli terkait tentang resiko seseorang yang merupakan perokok aktif:

  1. Sebanyak 25% dari perokok aktif itu banyak yang akhirnya meninggal diakibatkan karena terserang kanker usus besar serta kanker kolorektal. Sementara itu sekitar 40% diakibatkan karena kanker paru-paru, 35% lagi disebabkan kanker tenggorokan.
  2. Kurang lebih 18% perokok aktif itu mempunyai persentase terserang kanker usus apabila dibandingkan orang yang tak merokok. Tak Cuma penyakit kanker usus besar, tetapi penyakit kanker kolorektal juga siap menyerangnya.
  3. Pada tahun 2009, peneliti penyakit kanker meneliti mengenai resiko perokok yang selalu aktif merokok, dengan jangka waktu melebihi 40 tahun, mempunyai resiko terserang kanker usus besar antara 30 hingga 50%. Dan semakin lama seseorang merokok, maka potensi terserang pun akan meningkat juga.
  • Konsumsi vitamin D dan kalsium cukup

Pencegahan penyakit kanker usus besar dapat dilakukan melalui konsumsi vitamin D dan kalsium. Untuk sekarang ini, vitamin D dan kalsium dipercaya bisa membantu proses pertumbuhan dan meningkatkan kekebalan tubuh pada penyakit rakitis. Dan juga, vitamin D dan kalsium juga dapat dimanfaatkan dalam mencegah seseorang terserang kanker usus besar.

Diare berat termasuk gejala penyakit kanker usus. Dengan vitamin D yang tercukupi, maka diare berat dapat dicegah. Untuk takaran vitamin D dapat Anda baca di bawah ini:

  1. Pria usia 19 hingga 70 tahun: Kalsium 1000 mg / hari
  2. Wanita usia 19 hingga 50 tahun: Kalsium sebanyak 1000 mg / hari
  3. Pria usia melebihi 70 tahun: Vitamin D 800 IU
  4. Wanita: Kebutuhan vitamin D 600 IU untuk usia yang di atas 50 th
  • Kurangi konsumsi makanan instant. Jika bisa sebaiknya Anda hindari. Contoh makanan instant tersebut antara lain minuman soda, kue, makanan olahan, biskuit, dan minuman kaleng. Kandungan MSG tinggi di makanan tersebut, dan pengawet, zat lain, pewarna, bisa membuat organ usus seseorang menjadi rusak seiring waktu.