Cara pencegahan penyakit kanker leher rahim yang efektif

Metode pencegahan kanker serviks, atau kanker leher rahim. Penyakit kanker jenis ini termasuk kategori penyakit yang dapat dicegah, asalkan Anda mengetahui caranya. Cara-cara untuk mencegah sangat penting untuk Anda lakukan, dengan begitu, Anda bisa menghindari membayar biaya pengobatan yang tentu saja jumlahnya tidak sedikit.

Cara pencegahan penyakit kanker leher rahim yang efektif

Belum lagi kanker adalah penyakit yang sebagian besar menyebabkan kematian, khususnya yang sudah memasuki stadium akhir, yang sulit untuk diobati lagi. Kanker serviks yang menyerang wanita juga termasuk ke dalam itu. Seiring waktu, justru semakin banyak wanita yang terserang oleh penyakit ini, karena itu Anda juga harus waspada.

Anda tidak bisa berhasil untuk melakukan pencegahan atas serangan penyakit tertentu, termasuk dengan kanker serviks, jika Anda tak mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab dan juga faktor resiko yang ada. Diketahui apabila faktor resiko utama kanker serviks yaitu infeksi virus, tidak lain adalah Human Papilloma Virus.

Penyebaran virus tersebut terjadi karena hubungan se*su*l. Atas dasar tersebut, maka cara-cara mencegah yang dapat dilakukan supaya terbebas dari serangan kanker serviks antara lain, bisa Anda baca di bawah ini:

Kumpulan metode mencegah serangan kanker serviks

Tes PAP’s smear secara rutin

Ini merupakan pemeriksaan yang dapat mengetahui perubahan kanker serviks dini. Jadi sebelum sel serviks berubah menjadi kanker. Metodenya yakni pemeriksaan skrining, saringan awal penyakit kanker serviks. Konsultasi dengan dokter diperlukan, apabila hendak menjalankan tes PAP’s smear, selain itu jangan lupa dengan faktor resiko beserta faktor usia Anda.

Test PAP’s smear tak normal – Tindak lanjut

Jika hasil tes menunjukkan hasil yang tak normal, maka Anda harus menindaklanjuti hasil tes tersebut. Dokter akan merekomendasikan apa tindakan pengobatan selanjutnya. Penanganan yang tepat dan cepat, akan meningkatkan prospek Anda untuk bisa sembuh dari penyakit kanker, dibandingkan tidak melakukan tindakan sama sekali, sel kanker dapat menyebar dan menuju stage berikutnya.

Vaksinasi HPV

Vaksinasi ini juga termasuk cara yang bagus untuk Anda terapkan. Vaksin HPV dapat membantu Anda untuk membentuk sebuah antibodi alami dalam menghadapi virus HPV tersebut. Karena itu virus yang menyerang tidak akan bisa menyebabkan kanker serviks terjadi, sebab virus tersebut sudah diatasi oleh antibodi alami tubuh terlebih dahulu.

Cara pencegahan kanker serviks dengan vaksinasi HPV sangat cocok bagi para gadis muda. Gadis muda yang masih belum aktif dalam hubungan se*su*l ketika belum menikah.

Rokok dan asap rokok

Keduanya merupakan hal yang berbahaya untuk kesehatan Anda. Jika memang Anda memiliki kebiasaan merokok, maka hentikan segera. Hentikan sebelum terlambat.

Asap rokok juga dapat menjadi faktor penyebab penyakit kanker, apapun jenis dari penyakit kanker tersebut. Belum lagi jika infeksi virus HPV yang terkombinasi dengan kebiasaan merokok, potensi orang tersebut terserang kanker serviks pun akan semakin tinggi.

Oleh sebab itu, segera hindari asap rokok, misalkan Anda sedang ada di luaran. Biasanya banyak orang yang merokok, jangan duduk dekat orang tersebut. Begitu pula, Anda jangan menjadi perokok aktif, karena itu juga berbahaya, sama berbahayanya dengan perokok pasif, sama-sama beresiko menyebabkan kanker serviks.

Menggunakan k*nd*m

K*nd*m dapat lebih mengamankan Anda dari serangan kanker serviks. Ini merupakan upaya pencegahan yang termasuk efektif. Dengan menggunakan pelindung ini maka resiko HIV serta penularan macam-macam penyakit se*s*al lainnya juga akan bisa Anda hindari.