Ciri-ciri Gejala Kanker otak lengkap

Contoh penyakit tumor ganas dengan target serangan otak adalah kanker otak. Pada awal mula terserang, mungkin ciri-ciri beserta gejalanya tidak begitu terlihat, karena itu sangatlah berbahaya. Di luar dari topik bahaya yang terjadi, tentu pengetahuan sejak dini terkait ciri-ciri yang merupakan gejala jika Anda terserang penyakit kanker otak sangat penting diketahui tanpa terlambat.

Ciri-ciri Gejala Kanker otak lengkap

Berikut merupakan beberapa contoh gejala dari penyakit kanker otak yang harus Anda waspadai.

Perubahan mental

Kurang lebih dari 50 pasien kanker otak, 32 di antaranya mengalami perubahan mental yang cukup drastis setelah terserang kanker otak. Di mana penyakit tumor itu dapat mengakibatkan otak tak dapat berfungsi dengan maksimal atau normal, dengan begitu kesehatan mental pasien pun akan ikut terpengaruh.

Lalu apa saja ciri-ciri dari perubahan mental yang disebabkan oleh penyakit kanker otak? Mulai dari peningkatan intensitas tidur, perubahan perilaku dan kepribadian, masalah penalaran, gangguan konsentrasi, dan kehilangan memori. Apabila memang Anda mengalami beberapa gejala perubahan mental yang cukup drastis, juga diiringi beberapa gejala yang berbahaya lain, maka segeralah melakukan konsultasi ke dokter, supaya mendapatkan tes pemeriksaan yang diperlukan secepat mungkin sebelum sel kanker menyebar terlalu jauh.

Sakit kepala

Ciri-ciri umum yang paling sering terjadi dari penyakit kanker otak adalah sakit kepala. Mungkin Anda bingung perbedaan antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala yang disebabkan oleh kanker otak. Jadi Anda harus mengetahui apa saja sebenarnya ciri-ciri sakit kepala yang disebabkan oleh kanker otak ini, dan bedanya dengan sakit kepala biasa atau yang disebabkan oleh penyakit yang lainnya.

Berdasarkan Dr. Santiago Medina, seorang co-director Dept Radiology bagian Neuroradiology yang bertempat di RS. Anak Miami, disebutkan jika 4000 anak yang terserang sakit kepala, ada satu di antara 4000 anak tersebut menderita sakit kepala, karena disebabkan oleh kanker otak. Dokter dapat mengetahui itu dari ciri-ciri sakit kepala yang anak tersebut derita, yakni:

Sakit kepala baru untuk Anda. Jadi, Anda sangat jarang terserang sakit kepala tetapi secara tiba-tiba Anda sering menderita sakit kepala. Tentu itu ada hal yang aneh di baliknya. Tak hanya itu saja, sakit kepala yang dirasakan pun berbeda apabila dibandingkan dengan sakit kepala biasa.

Sakit kepala dengan gejala yang berbeda. Gejala tumor otak itu tidak hanya sakit kepala saja, tetapi juga diikuti oleh gejala yang lainnya, contohnya adalah muntah, pusing, dan mual. Jadi jika Anda menderita sakit kepala namun juga mengalami gejala yang lain tersebut, maka Anda patut curiga jika sudah mulai terserang kanker otak. Bahkan juga ada gejala lain yang bersifat cukup ekstrim, contohnya adalah kesulitan bicara, kejang-kejang, juga masalah dengan penglihatan yang akan mengiringi sakit kepala yang disebabkan oleh kanker otak tersebut.

Sakit kepala ketika bangun pada waktu pagi hari. Ketika bangun tidur saat pagi hari, diikuti oleh perasaan mual dan juga muntah-muntah, kemudian akan membaik ketika siang hari. Ini juga termasuk ke dalam sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit tumor otak yang ganas.

Sakit kepala semakin menjadi-jadi. Gejala kanker otak yang lain adalah sakit kepala semakin menjadi seiring pertambahan waktu, selama belum dimulai proses pengobatan.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis maka dibutuhkan tes CT Scan atau MRI. CT Scan adalah tes pencitraan paling sering dimanfaatkan dalam mendeteksi penyakit kanker otak. Sementara MRI merupakan tes pencitraan untuk bagian dalam otak serta sel dalam memastikan tingkat kerusakan yang terjadi. Kedua tes ini penting untuk dijalankan jika Anda hendak mengetahui seberapa parah Anda sudah terserang penyakit kanker otak.