Daftar makanan untuk mencegah terserang penyakit Kanker serviks

Kaum hawa paling takut dengan penyakit yang satu ini. Penyakit tersebut tidak lain adalah kanker leher rahim, atau kanker serviks. Memang penyakit ini termasuk ke dalam jenis penyakit sebagai pembunuh nomor ketiga.

Jika dirankingkan dari seluruh dunia, maka kanker serviks termasuk penyakit yang paling banyak memakan korban jiwa urutan tujuh. Karena itu, kanker serviks memang termasuk jenis penyakit yang sangat berbahaya. Jangan sampai penyakit ini merenggut kebahagiaan Anda atau saudara, atau teman Anda juga.

Daftar makanan untuk mencegah terserang penyakit Kanker serviks

Penyakit kanker adalah penyakit yang sesungguhnya bisa Anda cegah mulai dari awal. Lebih baik mencegah kanker serviks dibandingkan mengobati. Karena untuk mengobati penyakit kanker tidaklah mudah, belum lagi jika sel kanker tidak semuanya terangkat, maka dapat kembali menyebar seiring waktu.

Penyakit kanker serviks pada wanita

Kanker serviks biasa menyerang wanita saat masa produktif mereka, yakni pada rentang usia 35 hingga 50 tahun. Juga, apabila wanita sebelumnya pernah melakukan hubungan s*ksual pada usia yang lebih kecil dari 20 tahun, maka potensi ancaman terserang kanker serviks pun akan meningkat hingga 2 kali lipat.

Human Papiloma Virus

Merupakan nama virus yang bertanggung jawab terhadap faktor penyebab kanker serviks pada seorang wanita. Virus ini sangat mudah menular dan menyebar. Umumnya benar-benar beresiko terdapat pertukaran cairan, namun jika kurang berhati-hati, juga bisa tertular ketika menggunakan wc umum.

Biasanya terdapat seorang pasien kanker serviks yang sebelumnya menggunakan wc yang sama. Tetapi pasien tersebut kurang membersihkan setelah menggunakan wc tersebut. Karena itu akhirnya pengguna wc berikutnya dapat tertular virus HPV dan terserang kanker leher rahim ini.

Sesungguhnya masih ada cara untuk menghindari kanker serviks ini. Salah satu metode yang dapat digunakan yakni dengan pola makan terjaga. Terdapat beberapa jenis makanan dengan sifat tak karsinogenik, baiklah, langsung saja, berikut beberapa makanan tersebut.

Daftar makanan untuk mencegah serangan kanker serviks

  • Brokoli (Master folat)

Sayuran brokoli termasuk sayuran dengan kandungan kalsium yang cukup tinggi, hampir setara susu satu gelas. Tak hanya itu saja, namun sayur brokoli juga mempunyai nutrisi yang banyak, contohnya asam lemak omega 3, protein, karbohidrat, potassium, kalsium, lemak, zat besi, fosfor, magnesium, zink, dan berbagai vitamin mulai vitamin A hingga vitamin K, triptofan, dan mangan.

Sayur brokoli juga bebas kandungan kolesterol atau lemak jahat yang umumnya bisa memicu kolesterol pada seseorang. Karena itu sayur hijau ini sangat aman untuk Anda konsumsi serta memiliki sifat positif untuk tubuh dan untuk mencegah serangan kanker serviks.

  • Cokelat (Master flavonoid)

Dengan konsumsi cokelat, notabene dipercaya bisa membantu menghilangkan stress. Tidak sedikit wanita yang konsumsi coklat juga untuk itu. Kandungan bermanfaat dari cokelat antara lain protein, alkanoid, vitamin, lemak, karbohidrat. Sementara kandungan paling besarnya yakni asam amino triptofan, fenilalanin, dan tyrosin.

  • Buah jeruk (Master antioksidan)

Buah jeruk termasuk bahan makanan yang tinggi akan vitamin C, sangat cocok dalam membantu menghindari terserang penyakit kanker serviks. Antioksidan dari buah jeruk bisa menghambat pertumbuhan dari sel kanker.

  • Sayur wortel (Master beta karoten)

Wortel biasa dimanfaatkan dalam menjaga kesehatan mata. Namun ternyata juga memiliki manfaat dalam menjaga diri bebas dari serangan kanker serviks. Umumnya sayur ini dapat dikonsumsi langsung sesudah dicuci bersih, tetapi juga ada yang mengolahnya menjadi jus, juga sama-sama nikmat dan masih bermanfaat.