Daftar makanan untuk pencegah kanker rahim

Penyakit kanker rahim adalah penyakit paling menakutkan untuk semua wanita, termasuk wanita Indonesia. Penyakit kanker ini tumbuh di dalam rahim lalu akan menyebar ke organ tubuh yang ada di sekitarnya. Terdapat beberapa alasan atau faktor mengapa seorang wanita dapat terserang kanker rahim.

Daftar makanan untuk pencegah kanker rahim

Kasus paling umum ditemukan karena hormon tak seimbang di tubuh wanita tersebut, dan pengaruh infeksi, itu adalah beberapa penyebab mengapa kanker rahim dapat terjadi. Peneliti medis menyebutkan bahwa sesungguhnya memakan berbagai type makanan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di rahim seorang wanita.

Dengan menyantap makanan yang tinggi atas kandungan flavonoid, antioksidan, karotenoid, dan asam folat, dipercaya bisa membantu dalam mencegah penyakit kanker rahim. Hubungan antara makanan dengan kanker rahim benar-benar erat. Di mana makanan yang dikonsumsi akan menjadi sumber nutrisi untuk tubuh seseorang.

Tak hanya itu saja, dengan konsumsi makanan yang bervariasi, sehingga nutrisi tubuh terpenuhi, sistem antibodi tubuh pun akan membaik. Untuk ragam makanan dengan kandungan enzim khusus yang dapat menyerang sel penyakit kanker serta mendukung sistem hormon reproduksi seimbang, dapat Anda temukan di bawah ini:

Daftar makanan untuk mencegah penyakit kanker rahim pada wanita

Kacang-kacangan

Kacang dapat dijadikan bahan makanan yang aman bagi tubuh, seringkali dikonsumsi sebagai camilan, bukan makanan pokok. Karena rasanya yang gurih juga, Anda tidak akan kesulitan mengkonsumsi kacang-kacangan bukan? Kacang memiliki sifat yang baik dalam mencegah penyakit kanker rahim.

Kandungan nutrisi dalam kacang memiliki fungsi vital dalam mendukung sistem pencernaan di tubuh. Contoh nutrisi tersebut antara lain protein tinggi, serat. Kacang juga dapat mencegah terjadinya kerusakan sel, sehingga sel tubuh akan selalu terjaga dengan baik. Di mana kerusakan sel juga menyebabkan kanker, dan termasuk penyebab umum. Terakhir, nutrisi dari kacang yang juga memiliki manfaat dalam melindungi sel sehat di tubuh adalah zat fitokimia.

Jeruk Bali

Jeruk ini memiliki ukuran yang cukup besar dan juga bulir daging yang banyak, berbeda dibandingkan jeruk biasanya yang rata-rata berukuran kecil. Jeruk Bali memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi, yang bagus digunakan sebagai makanan untuk mencegah penyakit kanker rahim terjadi.

Tak hanya itu saja, jeruk Bali juga memiliki kandungan senyawa nitrogen yang bisa ditemukan di daging buahnya, yang memiliki fungsi untuk menurunkan resiko terserang jenis penyakit kanker lainnya, contohnya kanker usus besar. Lebih baik Anda mengkonsumsi buah jeruk Bali segar dibandingkan mengkonsumsi jus jeruk olahan, karena ada zat kimia tambahannya.

Ubi jalar

Bahan makanan berikutnya yang tidak kalah baik dalam mencegah penyakit kanker rahim adalah ubi jalar. Ubi jalar termasuk bahan makanan yang mempunyai citarasa manis dan memberi efek mengenyangkan, jadi cocok juga untuk Anda yang sedang dalam program diet. Ubi jalar memiliki kandungan zat betakaroten yang memiliki fungsi untuk antioksidan terkuat bagi tubuh.

Cara mengolah ubi jalar yang direkomendasikan untuk tujuan ini adalah dengan direbus. Itu karena jika Anda mengolah ubi jalar dengan menggunakan minyak, contohnya jika digoreng, maka zat alami di ubi jalar akan menghilang. Kandungan nutrisi dari ubi jalar sendiri antara lain serat, vitamin C, dan asam folat.

Sayur persilangan

Macam-macam sayur persilangan juga baik dalam mencegah kanker rahim. Macam sayur yang dikategorikan sebagai sayur persilangan contohnya kembang kol, brokoli, dan sayur kubis. Di mana sayuran tersebut memiliki senyawa yang berperan sebagai pencegah penyakit kanker, yakni glukosinates – zat ini dapat mencegah proses metabolisme senyawa radikal bebas, karsinogen yang berasal dari makanan ataupun dari udara.