Daftar stadium kanker hati lengkap

Kanker hati, salah satu jenis penyakit kanker yang sering menyerang, khususnya kaum pria. Terbagi ke dalam 4 stadium atau 4 tahap. Pada artikel kali ini, kami akan membahas setiap tahapan berikut dan detailnya, mari baca selengkapnya.

Daftar stadium kanker hati lengkap

Stadium kanker hati

Stadium I

Penyakit kanker hati stadium I adalah tahapan kanker paling ringan, di tahap ini merupakan stadium yang paling mudah untuk diobati. Namun seringkali orang masih tidak menyadari jika mereka terserang kanker ketika stadium I, seringkali diketahui jika sudah terlalu terlambat. Di stadium I, sel kanker sifatnya masih lokal serta masih belum menyebar menuju organ tubuh yang lain.

Kanker di stadium I ini masih berada dalam organ hati, masih belum menyebar. Ukuran sel kanker masih sangat kecil. Di mana ukurannya tidak melebihi 2 cm.

Jika memang seseorang telah terdeteksi terkena kanker hati di stadium I ini, proses operasi untuk pembedahan serta pengangkatan sel kanker juga lebih mudah. Selain itu potensi untuk sembuh juga lebih tinggi. Jadi memang operasi terbaik dijalankan ketika periode ini, jangan tunggu terlambat.

Stadium II

Lanjutan dari stadium I, jika sudah menggapai stadium II, sel kanker bisa muncul di lebih dari 1 lokasi. Jadi tidak hanya terbatas pada organ hati, pada satu titik saja. Namun titik kemunculan dari sel kanker juga beragam, pada bagian dalam hati.

Walaupun sudah menyebar, tetapi penyebaran dari sel kanker hati di stadium II masih bersifat lokal. Di mana artinya penyebaran sel kanker masih terbatas di organ hati. Penyebaran belum masuk dalam organ tubuh yang lain.

Di stadium kedua, proses operasi pembedahan pengangkatan kanker masih bisa dijalankan. Ketika tahapan ini, sel kanker di tubuh masih bisa untuk dibersihkan. Di mana sel kanker masih bersarang di organ hati, belum menyebar menuju organ tubuh yang lain, jadi walaupun lebih sulit dibandingkan stadium I, tetapi masih lebih mudah dibandingkan stadium III. Pada stadium II, sel kanker masih memiliki ukuran yang relatif kecil.

Stadium III

Lanjutan dari stadium II, adalah stadium III. Fase ketiga dari kanker hati ini disebut sebagai stadium lanjut kanker hati. Di tahapan ini, sel kanker terdiri atas satu sel juga bisa lebih. Dapat muncul di bagian lobus hati, ukurannya melebihi dari 2 cm.

Gejala kanker hati pada stadium III memungkinkan menginfeksi kelenjar getah bening penderita, di mana letak kelenjar getah bening ini berdekatan ke organ hati. Di kanker hati stadium III, pembuluh darah di daerah seputar hati juga mempunyai potensi terpengaruh oleh sel kanker.

Walaupun begitu organ tubuh yang lain tak mempunyai potensi. Tak mempunyai potensi dalam terinfeksi maupun terpengaruh oleh sel kanker. Tetapi akan berbeda halnya jika kanker hati sudah memasuki stadium IV.

Stadium IV

Stadium ini merupakan stadium akhir penyakit kanker hati. Stadium IV adalah stadium terparah, sama seperti penyakit kanker yang lainnya juga. Di stadium IV, sel kanker telah menyebar menuju 2 lobus hati, melebihi satu titik sel kanker.

Kemungkinan paling parah yakni kanker telah menyebar. Tak hanya menyebar menuju organ tubuh berdekatan saja, namun juga menyebar menuju titik paling jauh. Ini yang ditakutkan, jika sel kanker sudah menyebar terlalu jauh, dari titik asal sel kanker tersebut, maka penyebaran akan sulit dihentikan lagi. Ketika tahapan ini pengobatan penyakit kanker hati perlu untuk dilakukan.