Diagnosa dan Gejala penyakit kanker lidah

Mengenai diagnosa, gejala dari kanker lidah, terdapat beberapa metode yang dapat seseorang gunakan dalam mengetahui apabila seseorang itu terserang kanker lidah ataukah sehat-sehat saja. Adapun beberapa cara dan prosedur yang wajib digunakan dalam mendiagnosis apakah seseorang terserang kanker lidah atau tidak yakni dengan:

Diagnosa dan Gejala penyakit kanker lidah

Cara diagnosa penyakit kanker lidah

  • Mengambil sampel jaringan

Apabila ada bagian dalam mulut seseorang yang mencurigakan atau dicurigai sebagai sel kanker. Dokter kemudian dapat mengambil jaringan itu untuk menjadi sampel. Sampel tersebut pun akan dibawa ke laboratorium untuk diuji menggunakan prosedur biopsi. Dalam menjalankan prosedur biopsi tersebut, maka sel-sel jaringan yang sudah diambil kemudian akan diperiksa jika ada gejala sel kanker, ataukah merupakan sel yang sehat.

Apabila memang sesudah analisa dijalankan, dokter mendiagnosis jika terdapat tumor pada bagian lidah. Hal yang selanjutnya dilakukan yakni melakukan pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan lanjutan tidak lain bertujuan mengetahui lebih jauh terkait penyakit kanker yang diderita oleh pasien, termasuk stadium kanker tersebut.

Pemeriksaan lebih lanjut terkait kanker lidah yakni:

  1. Dokter memakai alat untuk melakukan pemeriksaan pada bagian tenggorokan. Saat prosedur pemeriksaan dijalankan, dikenal juga sebagai metode endoskopi, dokter pun akan memasukkan sebuah alat dengan sinar menuju dalam bagian dari tenggorokan pasien. Alat itu akan melihat jika sel kanker telah menyebar pada bagian tersebut atau tidak.
  2. Yang kedua adalah pemeriksaan dengan memakai citra. Pencitraan pada bagian tenggorokan atau mulut dapat membantu dalam melihat jika kanker telah menyebar menuju luar bagian mulut pasien atau tidak. Metode pemeriksaan seperti ini umumnya memakai sinar X, CT Scan atau Computerized Tomography, Magnetic Resonance Imagining atau MRI, sampai dengan PET Scan.
  • Pemeriksaan fisik

Pasien yang didiagnosis terserang penyakit kanker tak wajib menjalani keseluruhan tes yang memang sudah dituliskan di atas. Keputusan tes atau pemeriksaan akan dilakukan oleh dokter, dan keputusan akhir tentu saja tetap di tangan pasien. Namun sebaiknya jika dokter merekomendasikan pemeriksaan tertentu, Anda sebaiknya mengikuti saran dokter, karena dokter tentu lebih mengerti, atau jika Anda masih ragu, Anda dapat bertanya hingga beberapa dokter.

Tingkatan dari kanker itu menurut parah serta apakah kanker telah menyebar ataukah belum, menggunakan angka Romawi. Di mana tingkatan paling rendah yakni stadium I, stadium awal, indikasi apabila sel kanker yang menyerang itu masih memiliki ukuran kecil serta hanya ada pada bagian tubuh tertentu saja, contohnya pada bagian lidah.

Sementara tingkatan tertinggi adalah stadium IV, yang menandakan apabila tumor telah berukuran besar, juga sudah menyebar menuju bagian tubuh lainnya. Apabila stadium kanker telah dimengerti, hal itu tentu saja akan membantu dokter dalam menentukan treatment ataupun pengobatan paling sesuai untuk pasien kanker lidah tersebut.

Gejala penyakit kanker lidah

Apabila memang seseorang terserang kanker lidah, maka orang tersebut dapat merasakan beberapa gejala-gejala. Jika Anda penasaran dengan gejala-gejala tersebut, berikut daftarnya:

  • Muncul benjolan, penebalan di area lidah pasien
  • Rasa sakit tidak kunjung sembuh
  • Gigi palsu menjadi sulit digunakan
  • Munculnya bercak kemerahan atau bercak putih pada bagian dalam mulut
  • Kaku serta nyeri di rahang
  • Sakit yang menjadi-jadi di lidah
  • Rasa nyeri pada tenggorokan
  • Nyeri dan kaku di rahang
  • Kesulitan ketika mengunyah

Apabila memang Anda menemukan gejala-gejala itu untuk waktu berkepanjangan. Kami sarankan Anda segera konsultasi ke dokter sebelum terlambat.