Faktor penyebab kanker mulut atau Oral cancer

Kenali penyebab kanker mulut, penyebab oral cancer sebelum terlambat. Jangan sampai sel kanker menyerang mulut dan bagian tubuh di sekitarnya. Karena penyakit ini sama berbahayanya seperti penyakit kanker jenis yang lain.

Faktor penyebab kanker mulut atau Oral cancer

Penyebab terserang kanker mulut

Tembakau

Faktor penyebab penyakit kanker mulut paling utama yakni karena konsumsi tembakau, khususnya dari aktivitas merokok. Memang sesungguhnya nikotin itu tak sulit ditemukan dalam kandungan daun tembakau. Karena daun tersebut merupakan bahan utama dari produk rokok.

Rokok, di dunia, telah lama menyebar racun mematikan. Walaupun begitu rokok masih dijual bebas, karena pemerintah tak dapat menahan laju dari penjualan rokok. Apalagi pembayaran pajak dari perusahaan rokok ke pemerintah cukup besar, akan sangat membantu pemasukan negara.

Dalam iklan rokok sudah diperingatkan jika rokok dapat menyebabkan seseorang terserang kanker mulut. Namun walaupun begitu orang tidak mempedulikan dan masih terus merokok. Anda dapat melihat berapa banyak orang merokok di lingkungan sekitar, khususnya di tempat umum.

Merokok – Khususnya merokok yang tanpa filter, tanpa kretek. Termasuk perokok berat.

Mengisap sari – Terdapat sebagian orang konsumsi tembakau bukan melalui rokok, namun mengunyah daun tembakau tersebut hanya untuk dihisap sarinya.

Cahaya matahari

Sama seperti faktor penyebab kanker kulit, ternyata kanker mulut juga dapat disebabkan karena cahaya matahari. Selain produk rokok, cahaya matahari juga memegang peranan penting dalam menyebabkan seseorang terserang kanker mulut, karena itu Anda harus berhati-hati. Jangan sampai cahaya matahari langsung menyinari mulut, tanpa Anda menggunakan pelindung.

Melakukan kegiatan di luar ruangan sangat meningkatkan resiko ini. Contohnya, berenang di kolam renang outdoor saat siang hari, upacara, bermain di pantai, dalam waktu lama. Semua kegiatan ini memungkinkan cahaya matahari masuk langsung dalam mulut, terutama berenang.

Juga, mulut di dalam kondisi yang tak sehat. Maka mulut yang terserang radang, serta terkena paparan matahari langsung. Juga beresiko tinggi terserang kanker mulut. UV di kandungan cahaya matahari itu sangat berbahaya serta bisa merusak jaringan sel sehat di dalam mulut. Karena itu akan memicu sel kanker tumbuh di rongga mulut.

Minuman beralkohol

Yang harus Anda hindari berikutnya adalah kebiasaan minum minuman beralkohol. Karena kandungan alkohol terdapat zat berbahaya yang bisa memicu terjadinya kanker mulut. Minum alkohol secara terus menerus, dapat merusak tidak hanya jaringan di mulut saja, namun juga hingga jaringan di tenggorokan.

Beberapa contoh kegiatan yang mengikutsertakan alkohol di dalamnya yang harus Anda hindari yakni: Kebiasaan tiap hari minum minuman dengan kandungan alkohol, baik itu yang kadar alkohol tinggi maupun rendah. Apalagi minuman jenis ini seringkali menyebabkan kecanduan. Gabungan antara peminum dan perokok berat, ini sangat berbahaya, karena faktor penyebabnya double.

Virus HPV

Infeksi Human Papilloma Virus termasuk faktor penyebab utama sel kanker terjadi di bagian mulut juga. Bahkan dapat disebut juga infeksi virus ini termasuk faktor utama. Virus HPV dapat muncul karena penularan orang lain, bisa karena sentuhan khusus, atau melalui perantara.

Untuk bentuk aktivitas yang memiliki hubungan dengan serangan virus HPV serta dapat memicu sel kanker mulut datang menyerang yakni aktivitas berciuman, apabila berciuman dengan seorang pasien kanker mulut, Anda bisa tertular infeksi virus HPV juga & memakai alat yang sama. Baik itu memakai gelas atau sendok, yang sama dengan yang digunakan oleh pasien kanker mulut, maka Anda beresiko tertular.

Buah pinang

Mengunyah buah pinang, mempunyai efek karsinogenik. Efek tersebut bisa meningkatkan persentase orang yang memiliki kebiasaan kuno tersebut terserang penyakit kanker mulut. Apalagi jika buah pinang dikunyah bersamaan dengan tembakau, maka itu hanya akan memperburuk keadaan.