Faktor utama penyebab penyakit kanker tiroid

Penyakit kanker, sudah pasti semua mengenalinya, karena ini termasuk penyakit yang berbahaya. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang. Setiap orang berpotensi terserang kanker, karena memang sesungguhnya sel kanker terdapat pada tubuh semua orang, hanya ganas atau tidak.

Faktor utama penyebab penyakit kanker tiroid

Kanker termasuk ke dalam jenis penyakit bersifat mematikan, termasuk kanker tiroid. Memang selain kanker tiroid, masih banyak lagi jenis kanker yang lainnya, yang juga sama-sama berbahaya. Kanker tiroid ini adalah salah satu jenis kanker yang terjadi disebabkan oleh sel-sel di kelenjar tiroid yang bermutasi. Sel tersebut bermutasi ke sel kanker.

Mengenai kanker tiroid

Kelenjar tiroid sendiri, merupakan kelenjar yang berlokasi di leher dengan bentuk kupu-kupu dan memiliki fungsi memproduksi hormon untuk mengatur sistem metabolisme tubuh.

Kelainan

Produksi hormon kelenjar tiroid tak sempurna dibagi ke dalam 2 macam yakni hipotiroid dan hipertiroid. Berikut penjelasannya. Hipertiroid yakni keadaan saat produksi hormon kelenjar tiroid terlalu berlebihan, lebih dari yang dibutuhkan. Sementara itu, untuk hipotiroid, merupakan kebalikan hipertiroid. Jadi produksi hormon di kelenjar tiroid itu kurang dibandingkan yang diperlukan oleh tubuh seseorang.

Jenis penyakit kanker tiroid

Berdasarkan jenisnya, maka kanker tiroid dibagi menjadi empat macam, yakni

  1. Kanker tiroid anaplastik
  2. Kanker tiroid papiler – Pertumbuhan papillary thyroid cancer ini cenderung bersifat lambat. Penyakit kanker ini bisa menyebar menuju kelenjar getah bening di leher manusia. Umumnya kanker ini seringkali menyerang wanita, dibandingkan kaum lelaki.
  3. Kanker tiroid meduler atau medullary thyroid cancer. Jenis kanker ketiga ini memiliki sifat yang hampir sama dengan jenis kanker tiroid folikuler, yakni sama-sama menyebar dari aliran darah, namun jenis kanker yang satu ini juga bisa menyebar dari sistem saraf limfatik.
  4. Kanker tiroid folikuler atau follicular thyroid cancer. Tumbuh pada sel-sel folikel. Penyebaran sel kanker dari aliran darah menuju organ tubuh yang lainnya. Kanker tiroid folikuler ini seringkali menyerang seseorang pada batas usia 20 hingga 60 tahun. Pertumbuhan kanker ini bersifat lambat.

Penyebab penyakit kanker tiroid

Supaya bisa terhindar dari kanker tiroid, maka Anda perlu mengetahui apa saja penyebabnya. Berikut merupakan beberapa faktor penyebab kanker tiroid menyerang seseorang, yakni:

  1. Faktor keturunan

Dikenal juga dengan pengaruh genetika. Faktor penyebab yang ini masih jarang ditemukan. Namun saat orang tua mempunyai riwayat terserang kanker tiroid maka potensi anak terserang penyakit yang sama akan lebih tinggi, bisa juga penyakit kanker tiroid menjadi bawaan mulai dari lahir.

  1. Perubahan genetik sel-sel tiroid

Faktor penyebab kedua adalah proses mutasi dari sel-sel tiroid, namun belum bisa diketahui dengan pasti. Tetapi tetap saja terdapat kemungkinan jika mutasi sel itu diakibatkan oleh zat-zat yang dibutuhkan tubuh manusia mengalami kekurangan.

  1. Penyakit Graves

Penyakit ini adalah bentuk dari hipertiroidisme, ketika antibodi tubuh yang ada dalam sistem kekebalan seseorang justru menyerang kelenjar tiroid. Kondisi tersebut dapat diakibatkan karena produksi hormon yang terlalu banyak atau berlebih.

  1. Penyakit Hashimoto

Penyakit yang juga merupakan faktor penyebab kanker tiroid ini adalah penyakit gangguan autoimun. Di mana penyakit Hashimoto adalah kebalikan penyakit Graves. Jadi, di penyakit ini, justru hormon yang berada pada kelenjar tiroid itu tak cukup dalam memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

  1. Kurang yodium

Defisiensi yodium disebabkan karena defisiensi material, penyakit autoimun, dan goitrogen. Untuk Goitrogen, ini merupakan proses pengambilan yodium di dalam darah ke kelenjar tiroid yang terhambat. Terjadi karena zat yang ada pada kubis-kubisan dan kacang-kacangan.

  1. Kurang enzim

Enzim yang kurang juga menyebabkan sel hormon jadi tak terpenuhi, di bawah kebutuhan yang diperlukan tubuh. Kondisi ini akan mengakibatkan sel hormon di kelenjar tiroid tak cukup. Kondisi ini akhirnya akan memicu perkembangan dari sel kanker dalam tubuh seseorang.