Hati-hati! Kanker jangan Sampai Bangun

Kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti sekarang ini. Masih banyak misteri terkait penyakit kanker, yang hingga kini masih belum diketahui. Untuk cara pengobatan memang sudah ada, tetapi masih belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan dengan pasti, berbeda dengan penyakit lain. Apalagi penyakit kanker dapat disebabkan karena berbagai faktor yang berlainan.

Penyebab Kanker

Awal mula terjadinya kanker karena adanya pertumbuhan sel dalam tubuh yang tak normal. Tiap orang sudah pasti mempunyai sel itu. Cuma tak semua sel kanker setiap orang itu bangun. Ini yang harus diketahui.

Sel Kanker Merusak Jaringan

Sel kanker pada tubuh seseorang dapat meluas kemudian merusak jaringan tubuh di sekitarnya. Orang-orang yang mengalami penyakit kanker stadium awal tak akan merasakan gejala atau keluhan apapun. Yang disayangkan masih banyak yang terlambat datang ke dokter.

Di mana orang-orang banyak yang baru konsultasi ke dokter saat mereka merasakan ketidaknyamanan pada tubuh mereka, di mana itu merupakan tanda kanker telah berada di dalam kondisi lanjut. Dengan kata lain terlalu terlambat untuk ditangani.

Penderita Kanker Terlambat Periksa ke Dokter

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi. Di mana itu bisa terjadi dikarenakan pasien tak mengetahui jika terdapat kanker pada tubuh mereka. Faktor lain bisa juga karena orang tersebut tak mempunyai uang untuk melakukan diagnosis. Faktor ketiga bisa karena orang tersebut ada dalam fase denial atau penyangkalan. Dan yang terakhir karena orang tersebut lebih percaya pengobatan alternatif.

Jangan Terlambat Mendeteksi Kanker

Disebutkan oleh dokter profesional jika penyakit kanker sebaiknya diketahui sedini mungkin, jangan terlambat. Di mana dengan mengetahui dini, maka penyembuhan dapat berjalan lebih maksimal. Contohnya, apabila kanker sudah terdeteksi pada saat stadium 1, mempunyai peluang sembuh sebesar 80 persen. Tetapi apabila sudah mencapai stadium 2, maka peluang sembuh pun akan turun menjadi hanya 60 persen saja.

Namun apabila kanker sudah mencapai stadium tiga, maka peluang harapan hidup hanyalah 40 persen saja. Terdapat beberapa resiko yang ikut mempengaruhi seseorang dapat terserang kanker. Contohnya adalah faktor genetik, di mana ini merupakan faktor internal yang berpengaruh cukup besar. Semakin hubungan keluarga dekat dengan seseorang yang terserang kanker sebelumnya, maka orang tersebut pun semakin berpotensi tinggi terserang penyakit yang sama.

Gaya hidup Salah Berpotensi Kanker

Lifestyle seseorang juga sangat berpengaruh apakah seseorang dapat terserang kanker atau tidak. Pola hidup dan polusi dapat menjadi biang penyakit kanker. Kondisi stress juga dapat ikut menurunkan antibodi tubuh manusia.

Gambar kanker payudara

Skrining Kanker

Atau pemeriksaan kanker, dapat dijalani untuk orang dengan riwayat keluarga penyakit kanker. Skrining melalui gen. Di tanah air, memang cara tersebut masih belum populer, apalagi biaya pemeriksaannya pun juga lebih mahal. Karena itu peminat metode ini belum begitu banyak. Angelina Jolie adalah artis mancanegara yang pernah menggunakan metode skrining ini. Tetapi memang tak semua orang dengan riwayat kanker harus menjalankan tes.

Riwayat Kanker Payudara

Contohnya untuk seseorang dengan keluarga riwayat kanker payudara, untuk pasien penyakit kanker payudara, apabila sudah diambil sel kankernya, maka harus dilihat apakah terdapat gen yang bermutasi atau tidak. Jika ada maka dapat dilakukan proses skrining genetik untuk keturunannya. Namun sejauh ini hanyalah 30 % dari penderita kanker payudara yang asalnya dari keturunan atau faktor gen.