Inilah faktor penyebab penyakit kanker kelenjar getah bening

Kenali faktor penyebab penyakit kanker kelenjar getah bening sekarang. Penyakit kanker ini juga memiliki nama lain kanker limfoma, termasuk ke dalam penyakit kanker yang benar-benar berbahaya. Sebab penyakit kanker yang satu ini memiliki hubungan ke sistem antibodi tubuh.

Inilah faktor penyebab penyakit kanker kelenjar getah bening

Kanker limfoma atau kanker kelenjar getah bening bisa muncul saat kelenjar getah bening infeksi kemudian mengalami pembengkakan. Di mana itu terjadi karena mekanisme pertahanan kelenjar getah bening tersebut. Penyakit kanker ini mempunyai 2 bentuk, yakni:

  • Hodgkin’s limfoma

Ini adalah bentuk penyakit kanker kelenjar getah bening pertama. Jadi sel kanker yang asalnya dari sel dari putih. Penderita hodgkin’s limfoma mempunyai porsi sebanyak 10% kasus penyakit kanker limfoma, di dunia.

  • Non-Hodgkin’s limfoma

Ini merupakan bentuk kedua. Yakni bentuk penyakit kanker limfoma yang asalnya bukan dari bagian dari sel darah putih. Sebanyak 90% kasus penderita kanker limfoma yang masuk dalam bentuk non-hodgkin’s limfoma.

Macam-macam penyebab kanker limfoma

  • Kurang olahraga

Seseorang yang kurang olahraga bisa memicu perkembangan dari penyakit kanker kelenjar getah bening. Aktivitas olahraga diikuti pola hidup sehat bisa membantu meningkatkan daya antibodi tubuh, dan secara langsung ikut pula meningkatkan sistem antibodi tubuh.

Tak hanya itu, aktivitas olahraga juga bisa ikut membantu seseorang dalam melakukan detoksifikasi racun berbahaya dalam tubuh. Di mana ini merupakan proses yang penting.

  • Peradangan

Faktor penyebab kanker limfoma juga ternyata bisa diakibatkan oleh peradangan di bagian limfoma atau kelenjar getah bening. Peradangan di kelenjar getah bening dapat terjadi saat sel darah putih dalam kelenjar getah bening mati disebabkan oleh zat-zat asing ataupun antigen masuk serta menginfeksi kelenjar getah bening seseorang.

  • Virus

Terjadinya pembengkakan di kelenjar getah bening juga bisa saat kelenjar getah bening terserang infeksi jenis virus tertentu. Faktor penyebab kanker limfa terjadi disebabkan oleh infeksi virus tertentu. Jadi sama seperti beberapa kasus, di mana kelenjar getah bening akan terjadi pembengkakan, dalam merespon infeksi yang terjadi sebelumnya.

  • Faktor keturunan

Yang ini mungkin merupakan penyebab yang sudah tidak asing lagi, yakni faktor keturunan. Salah satu faktor penyebab penyakit kanker kelenjar getah bening, dikenal juga sebagai kanker limfoma karena faktor keturunan merupakan faktor penyebab yang termudah untuk dianalisa.

Gen atau keturunan adalah faktor utama yang juga akan memicu pertumbuhan berbagai penyakit kanker yang lain. Seseorang dengan garis keturunan kanker, lebih mudah dalam terinfeksi kemudian mengidap kanker kelenjar getah bening ini.

  • Toksin lingkungan

Racun-racun yang ada dari lingkungan, yang masuk dalam tubuh dapat menyebabkan kanker kelenjar getah bening. Ini juga termasuk yang ada dalam pewarna kimia dan pengawet makanan, di mana sudah sering dipergunakan.

  • Tindakan medis

Faktor penyebab kanker limfoma berikutnya karena efek penanganan medis yang pernah ataupun yang sedang dilakukan seseorang. Efek radiasi dari tindakan medis, misalnya dari kemoterapi ataupun terapi radiasi yang lain, dapat menyebabkan penyakit kanker kelenjar getah bening (Limfoma) juga.

Mengenal kelenjar getah bening

Untuk diketahui oleh Anda jika kelenjar getah bening ini termasuk ke dalam salah satu dari organ tubuh yang memiliki fungsi penting untuk sistem imun tubuh. Organ kelenjar getah bening bisa memproduksi sel antibodi tubuh jika dilewati antigen-antigen yang bisa melakukan infeksi. Saat melakukan proses dalam melawan antigen-antigen itu, juga melakukan pertahanan, di situ akan terjadi kondisi saat kelenjar getah bening membengkak atau membesar.