Kanker hati Sirosis, Tumor, Gejala, dan Obat

Kenali gejala kanker hati sebelum terlambat. Dengan mengetahui informasi terkait gejala-gejalanya, maka Anda dapat memberikan penanganan sedini mungkin. Sama seperti kanker yang lain, penyakit ini juga termasuk ke dalam penyakit kanker yang bersifat mematikan, sangat berbahaya, khususnya jika sudah memasuki stadium akhir.

Kanker hati Sirosis, Tumor, Gejala, dan Obat

Sirosis hati

Kami akan menjelaskan sedikit tentang sirosis. Ini merupakan penyakit hati kronis. Menyebabkan sel-sel dalam hati rusak, juga sel-sel yang terdapat pada jaringan ikat. Karena itu sirosis hati juga memiliki nama lain sebagai penyakit kerusakan hati.

Apabila dilihat memakai alat medis, maka sirosis hati memiliki bentuk hati yang telah rusak. Organ hati sudah ditumbuhi parut, benjolan pada permukaan hati. Padahal organ hati yang sehat seharusnya halus, akhirnya struktur hati pun ikut berubah disebabkan oleh benjolan itu.

Sebelum seseorang terserang sirosis, umumnya penyakit yang mendahului adalah hepatitis. Tetapi ketika penyakit hepatitis tersebut tak diobati dengan baik dapat menyebabkan terjadinya kerusakan hati, dikenal sebagai sirosis. Survivor kanker, ketika jaringan kanker telah menyebar menuju hati dapat mengakibatkan kerusakan pada organ hati. Penyakit ini tak boleh dibiarkan begitu saja, harus diobati, walaupun jika sudah sembuh pun fungsi hati tak bisa kembali normal 100% seperti sebelumnya.

Tumor hati

Sekarang mari membahas mengenai apa saja gejala atau ciri-ciri dari tumor atau kanker hati, sebelum melanjutkan pembahasan mengenai pengobatan yang biasanya dilakukan.

Gejala kanker hati

Tangan kaki membengkak

Apabila penyakit tumor hari sudah menjalar menuju sel organ tubuh lainnya, maka hal ini selanjutnya dapat mengakibatkan peradangan atau pembengkakan di bagian tangan dan juga kaki pasien. Pembengkakan kondisinya bisa semakin parah apabila pasien tak segera memberikan perawatan medis, dikhawatirkan dapat mengarah menuju gejala dari tumor hati.

Warna urine kecoklatan, warna kotoran menjadi kehitaman

Gejala selanjutnya dari tumor hati yakni warna urine menjadi kecoklatan, layaknya warna air teh. Di tubuh racun yang ada tak bisa dikeluarkan dengan cara alami saat penderita buang air kecil. Efeknya, benar-benar berpengaruh terhadap warna urine orang tersebut.

Tak hanya itu saja. Warna dari feses pun akan ikut berubah. Di mana warna feses menjadi nampak kehitaman saat penderita buang air besar. Gejala ini bisa dijadikan sebuah tanda yang cukup jelas jika orang tersebut menderita tumor hati.

Ciri kanker hati stadium lanjut

Sekarang mengenai stadium lanjut, maka gejala-gejala akan semakin terlihat jelas. Ciri-ciri yang terasa akan menjadi lebih menyakitkan dan spesifik. Contohnya seperti sebelumnya warna feses dan urine yang berubah, warna mata dan kulit menguning, batuk diikuti muntah darah. Jika memang sudah terlihat gejala-gejala seperti ini, maka Anda harus melakukan pengobatan sesegera mungkin dan berkonsultasi ke dokter.

Obat kanker hati

Obat untuk kanker hati yakni dengan kemoterapi. Itu merupakan salah satu alternatif. Masih terdapat beberapa cara pengobatan lagi, walaupun memang jika kondisi sudah stadium akhir, maka dapat dibilang sudah terlalu terlambat dan akan sulit untuk disembuhkan total, karena sel kanker sudah menyebar ke organ lainnya juga.

Pencangkokan hati atau transplantasi merupakan alternatif metode obat tumor hati ini. Biaya yang harus Anda bayarkan cukup besar, sebab dibutuhkan pendonor hati, bahkan karakteristik dari hati yang didonorkan pun harus sesuai, itu akan cukup sulit untuk dilakukan. Namun cara ini tetap beresiko, karena sel kanker dapat menjangkiti lagi organ hati yang baru tersebut, karena sel kanker belum sepenuhnya dibersihkan.