Kanker jenis Adenocarcinoma, Kenali sekarang sebelum terlambat!

FacebookTwitter

Kurang lebih 40% orang yang terserang penyakit kanker paru-paru, menderita jenis Adenokarsinoma. Sesungguhnya penyakit ini dimulai di versi awal sel-sel yang umumnya mengeluarkan zat yang nampak seperti lendir. Type kanker paru-paru ini biasa menyerang orang yang memiliki kebiasaan merokok, maupun telah merokok. Kondisi ini lebih sering menyerang seorang wanita dibandingkan pria, namun lebih mungkin terjadi di orang yang usianya lebih muda dibandingkan dengan jenis penyakit kanker paru-paru lainnya. Mari baca selengkapnya.

Adenokarsinoma

Kanker paru-paru Adenocarcinoma

Tingkat harapan sembuh

Informasi kesehatan tumor terlengkap. Tumor harus ditangani sebelum terlambat.

Sponsored ads

Tips untuk Anda, selalu jaga kesehatan, hindari segala yang beresiko menyebabkan tumor.

Biasanya Adenocarcinoma ini umumnya ditemukan pada daerah luar organ paru-paru. Cenderung tumbuh dengan ciri lebih lambat dibandingkan dengan jenis dari kanker paru-paru lainnya, selain itu juga sering menyebar menuju luar paru-paru terlebih dahulu. Pasien dengan jenis kanker paru-paru Adenocarcinoma biasa disebut sebagai Adenokarsinoma In Situ, di mana sebelumnya disebut dengan Bronchioloalveolar Karsinoma, yang cenderung mempunyai harapan sembuh atau prognosis yang jauh lebih baik, apabila dibandingkan dengan type kanker paru-paru lainnya.

Kanker lambung Adenocarcinoma

Selain termasuk jenis kanker paru-paru, juga ada kanker lambung, Adenocarcinoma yang juga merupakan type paling umum dari jenis kanker lambung. Yakni kondisi saat sel kanker menyerang pada sel di lapisan dalam organ lambung, di mana di situ diproduksi cairan sejenis mukus atau lendir, seperti disebutkan sebelumnya. Dan selain Adenocarcinoma juga terdapat beberapa macam kanker lambung yang lainnya. Sama seperti kanker paru-paru, juga ada beberapa jenis lainnya. Tetapi jenis-jenis kanker lambung selain Adenocarcinoma cukup jarang terjadi, namun tidak ada salahnya untuk Anda mengetahui apa saja jenis-jenisnya, baca di bawah ini:

Jenis-jenis kanker lambung lainnya

Carcinoid: Ini merupakan penyakit kanker yang menyerang pada sel penghasil hormon yang terdapat di dalam lambung seseorang.

Limfoma lambung: Ini merupakan penyakit kanker yang menyerang ke jaringan yang bertugas membantu melawan infeksi, jaringan limfatik.

GIST atau Tumor Stroma Gastrointestina: Ini merupakan penyakit kanker yang menyerang ke otot-otot dinding perut, yang dikenal juga dengan nama jaringan ikat.

Mengenal lebih jauh tentang Adenocarcinoma

Adenocarcinoma atau Adenokarsinoma, mari mengenal lebih jauh tentang istilah kesehatan ini. Berdasarkan kata-kata penyusun yang Anda lihat tersebut, Anda dapat menemukan kata Adeno. Adeno di sini mempunyai arti “Berkaitan ke kelenjar”, sementara itu karsinoma sendiri memiliki arti “Kanker”. Oleh karena itu Adenokarsinoma merupakan kanker yang berasal dari epitel yang lokasinya ada pada bagian dalam dari kelenjar jaringan. Jenis kanker Adenokarsinoma ini bisa mempengaruhi macam-macam organ. Dan jaringan yang terpengaruh yakni bagian kategori jaringan epitel, sebagai contoh jaringan epitel dari baris kulit, rongga organ, kelenjar, serta jaringan epitel lainnya juga. Epitel asalnya dari eksoderm, mesoderm, endoderm pada janin. Untuk Anda ketahui juga jika sel-sel Adenokarsinoma ini tak selalu merupakan bagian kelenjar jaringan epitel namun mungkin hasil dari sekresi kelenjar itu.

Mamalia tinggi

Sel karsinoma tak hanya ditemukan pada manusia saja, melainkan juga mamalia tinggi lainnya. Contohnya yaitu simpanse dan gajah. Sudah dijelaskan sebelumnya jika Adenokarsinoma ini bisa mempengaruhi beberapa macam organ. Hal tersebut disebabkan oleh epitel beserta kelenjar jaringan yang benar-benar luas, juga tersebar pada bagian dalam tubuh. Organ-organ yang ikut terpengaruh oleh sel kanker ini serta sangat familiar yakni paru-paru dan usus besar. Namun juga ada beberapa organ yang lain yang juga mungkin dapat terpengaruh Adenokarsinoma, contohnya pankreas, leher rahim, tiroid, perut, dan lain-lain.

Kanker jenis Adenocarcinoma, Kenali sekarang sebelum terlambat! | penuliskesehatan | 4.5