Kanker kelenjar getah bening ciri-ciri berdasarkan jenisnya

Gejala kanker kelenjar getah bening bisa Anda definisikan berdasar pada jenis, ciri-ciri, dan lokasi umumnya. Dikenal juga sebagai kanker limfoma, memang termasuk ke dalam salah satu bentuk dari kanker yang benar-benar berbahaya. Itu karena kanker ini mempunyai hubungan ke sistem antibodi atau pertahanan tubuh.

Penyakit kanker limfoma atau kanker kelenjar getah bening ini bisa muncul saat kelenjar getah bening di bagian tertentu pada tubuh manusia itu terinfeksi. Lalu bengkak karena mekanisme pertahanan yang berasal dari kelenjar getah bening tersebut.

Kanker kelenjar getah bening ciri-ciri berdasarkan jenisnya

Ciri-ciri dari kanker kelenjar getah bening berdasar pada lokasinya

Kanker kelenjar getah bening yang jenis non Hodgkin’s limfoma memiliki ciri-ciri tertentu, yang dapat Anda bagi berdasar pada lokasi limfoma dengan kondisi pembengkakan. Adapun ciri-ciri tersebut di beberapa bagian tubuh penderita yakni:

Bagian perut

Kanker limfoma di bagian perut dapat membuat perut menjadi terlihat membesar dan membengkak. Proses dari pembengkakan kelenjar getah bening tersebut akan memaksa juga menyesaki otot perut. Karena itu akan menjadikan bagian perut menjadi terlihat seperti membengkak, beberapa hal yang dapat disebabkan oleh kondisi tersebut yakni:

  • Nausea, rasa ingin muntah, tak nyaman pada perut
  • Sakit di bagian perut
  • Muntah-muntah

Bagian dada

Saat bagian dari kelenjar getah bening di daerah dada sudah mulai terinfeksi dan mengalami pembengkakan, kelenjar getah bening pada bagian rongga dada dan trakea akan mengalami penyempitan dan sesak. Keadaan tersebut akan membuat penderita menjadi sesak nafas, kesulitan untuk bernafas.

Tak hanya itu saja, kelenjar getah bening di bagian tersebut juga bisa mendesak bagian dari superior vena cava dengan tugas mengalirkan darah. Hal tersebut bisa menyebabkan kondisi di bawah ini, yakni:

  • SVC syndrome, atau gejala penyumbatan vena
  • Pusing kepala

Bagian kulit

Kanker limfoma yang terjadi di daerah kulit jika mengalami pembengkakan, maka akan terlihat. Penderita juga akan merasakan beberapa kondisi yakni:

  • Benjolan dengan warna biru atau merah pada bagian bawah kulit
  • Gatal-gatal

Bagian otak

Sementara itu, limfoma juga dapat menyerang bagian otak. Dikenal juga sebagai primary brain lymphoma. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan beberapa hal seperti di bawah ini, yakni:

  • Masalah untuk berpikir
  • Sakit kepala
  • Perubahan kepribadian
  • Kelemahan di bagian-bagian tubuh

Symptoms kanker kelenjar getah bening

Para dokter dan ahli medis pun memberikan nama B symptoms dalam mendefinisikan symptom utama kanker limfoma. Mulai dari demam tinggi, berat badan turun tak wajar, dan keringat ketika malam hari.

Sel darah yang rendah di tubuh

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma juga dapat menyebabkan kandungan sel darah menurun di pasien. Kondisi tersebut mengakibatkan beberapa symptoms muncul. Mulai dari kelelahan, infeksi, anemia, dan pendarahan atau mudah terluka.

Pengobatan kanker limfoma

Beberapa pilihan treatment dapat Anda gunakan untuk mengobati kanker limfoma. Beberapa pilihan tersebut yakni:

Kemoterapi: Adalah metode treatment paling banyak digunakan. Rata-rata pasien kanker stadium atas akan menggunakan kemoterapi ini. Kemoterapi tak terbatas pada pasien kanker kelenjar getah bening (Limfoma) saja, tetapi juga untuk pasien yang menderita jenis penyakit kanker lainnya.

Radiotherapy: Ini merupakan terapi radio. Proses terapi menghancurkan sel kanker memakai sinar dengan energi tinggi. Biasa disebut sebagai sinar X-Ray, radio terapi sangat cocok dilakukan melalui metode eksternal memakai akselerator X-Ray.