Kanker kulit Kenali pencegahan dan Penyebabnya

Apa saja penyebab penyakit kanker kulit? Mungkin Anda penasaran tentang itu. Salah satu faktor umum yang menyebabkan penyakit ini adalah paparan sinar matahari, namun saat siang hari.

 Kanker kulit Kenali pencegahan dan Penyebabnya

Paparan sinar matahari siang itu memiliki UVA, UVB. Sesungguhnya tidak terbatas pada sinar matahari, tetapi juga ada faktor penyebab lainnya yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui faktor penyebab lain tersebut, maka Anda akan bisa mencegahnya terjadi pada diri Anda, dan diri Anda akan terhindar dari penyakit kanker kulit.

Penjelasan kanker kulit

Ini merupakan penyakit yang disebabkan karena pertumbuhan abnormal dari DNA, dengan sifat merusak sel kulit, khususnya yang terkena paparan sinar matahari terlalu sering. Penyakit ini tidak memandang, siapapun beresiko terserang. Jadi bukan hanya pada warna kulit ataupun ras tertentu, tidak seperti itu.

Tetapi orang yang memiliki kulit terang memang lebih memiliki resiko tinggi terserang kanker kulit, khususnya jika dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit gelap.

Macam-macam penyebab kanker kulit

Sekarang Anda juga perlu mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan kanker kulit. Berikut daftarnya:

Sinar matahari

Hati-hati, ternyata sinar matahari pada jam-jam tertentu merupakan faktor penyebab kanker kulit. Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa sinar matahari merupakan faktor penyebab yang paling umum juga. Yang bertanggung jawab mengapa sinar matahari bisa menyebabkan seseorang terserang kanker yakni kandungan UVB dan UVA nya.

Sel-sel pada kulit ketika sinar matahari mempengaruhi DNA yang asalnya dari gen pengendali pertumbuhan di kulit. Jika terlalu sering serta lama terpapar, maka resiko kulit orang tersebut terjangkit kanker kulit akan menjadi lebih tinggi pula. Tetapi tidak semua jam, paparan sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit, hanya jam-jam tertentu saja.

Kesehatan kulit manusia bisa terganggu paparan sinar matahari ketika jam saat terik-teriknya sinar matahari tersebut. Jam tersebut mulai jam 10:00 – 17:00. Saat jam-jam tersebut, jangan sampai kulit Anda terpapar langsung oleh sinar matahari, jika Anda tak ingin cepat terserang kanker kulit.

Mencegah kanker kulit

Namun jangan khawatir, jika memang Anda terpaksa melakukan aktivitas yang mengharuskan kulit terkena paparan matahari atau beraktivitas di luar ruangan, maka Anda dapat menggunakan lotion dan pelindung yang lain. Ada banyak lotion yang dijual yang berguna untuk melindungi kulit. Untuk pelindung, dapat menggunakan topi, payung, juga baju lengan panjang. Yang terpenting jangan sampai paparan sinar matahari langsung kena kulit Anda. Apabila menggunakan sepeda motor, maka Anda dapat mengenakan sarung tangan.

Antibodi tubuh rendah

Jika Anda memiliki antibodi tubuh yang rendah, Anda juga rentan terserang kanker kulit. Misalnya saja pada pasien penyakit AIDS maupun HIV. Kedua jenis penyakit ini dapat menurunkan antibodi tubuh penderitanya, dan itulah berbahayanya.

Pasien AIDS maupun HIV sangat berpotensi terserang kanker kulit, selain penyakit yang lainnya. Bahkan penyakit yang ringan saja dapat menjadi berat jika terserang AIDS maupun HIV, apalagi penyakit kanker kulit. Karena itu Anda juga sebaiknya menghindari aktivitas yang meningkatkan resiko terserang penyakit tersebut.

Juga, jagalah selalu asupan nutrisi ke tubuh. Anda harus menjaga pola makan, konsumsilah makanan sehat. Dengan begitu tubuh Anda akan selalu memiliki antibodi alami yang kuat, Anda pun tidak akan mudah jatuh sakit. Jangan sampai terserang penyakit kanker, sebaiknya cegah selagi bisa. Tingkatkan daya tahan tubuh atau antibodi alami tubuh Anda.