Kanker kulit Melanoma Diagnosa, Pencegahan, Pengobatan, dan Penyebab

Gejala dari penyakit kanker terkadang tak dapat begitu saja diindikasikan merupakan gejala kanker kulit langsung, sebab umumnya hanya serupa hal umum terjadi di kulit. Contohnya seperti bintik hitam atau jerawat yang muncul pada kulit, mungkin Anda tidak akan menganggap itu masalah besar, tidak terpikirkan bahwa itu adalah kanker hingga akhirnya terlalu terlambat. Bahaya dari kanker kulit mengintai tak terbatas pada orang dengan ciri kulit tertentu, namun semua orang memiliki resiko yang sama.

Kanker kulit Melanoma Diagnosa, Pencegahan, Pengobatan, dan Penyebab

Tanda-tanda umum yang terjadi di seorang pasien kanker kulit yakni munculnya sebuah benjolan yang dapat terlihat dengan mudah dari luar, biasa disebut juga sebagai tompel. Baiklah, mari membahas mengenai kanker kulit Melanoma lebih jauh di bawah ini.

Pendahuluan

Ini merupakan jenis kanker kulit paling sering diderita oleh orang-orang. Kanker Melanoma termasuk type kanker yang akan menyerang pada bagian jaringan dalam kulit, karena itu sangat membahayakan. Gejala umum yang dapat dilihat yakni dari tahi lalat tiba-tiba tumbuh, bisa pada bagian tubuh manapun, Anda harus waspada.

Berbicara mengenai bagian tubuh mana, maka yang paling sering yakni pada bagian tangan, punggung, kaki, dan wajah. Jenis kanker Melanoma ini umumnya pertama kali dapat terlihat sebagai tahi lalat. Namun tahi lalat tersebut akan mengalami perkembangan dan menyebabkan rasa gatal, ketika digaruk bisa berdarah.

Oleh karena itu, apabila Anda secara tiba-tiba melihat ada tahi lalat tumbuh pada bagian tubuh tertentu, jangan ditunda lagi, segera konsultasi ke dokter. Dokter akan memeriksa dan menyimpulkan apakah tahi lalat tersebut disebabkan oleh kanker kulit Melanoma atau tidak. Ini termasuk mencegah supaya kondisi kanker kulit tidak bertambah parah.

Diagnosa

Prosedur pemeriksaan umum adalah dengan metode biopsy atau biopsi kanker. Yang dilakukan melalui metode pembedahan pada tahi lalat dengan pertumbuhan, dengan cara diambil sampelnya. Lalu sampel tersebut akan diteliti untuk melihat jika sel kanker tak normal ada dalam sampel tersebut atau tidak, jika tidak maka Anda bisa bernafas lega.

Metode pemeriksaan yang bernama “Sentil Nodus biopsy” untuk mengecek jika sel kanker tersebut sudah menyebar ataukah tidak. Pemeriksaan ini juga penting, khususnya jika dokter mencurigai sel kanker telah menyebar.

Penyebab

  • Ada banyak tahi lalat ataupun bintik hitam pada kulit tubuh Anda
  • Warna rambut pirang atau merah
  • Warna kulit pucat dan mudah terbakar sinar UV matahari
  • Faktor gen

Pencegahan

Tips mencegah kanker kulit Melanoma terjitu adalah sesering mungkin menggunakan pelindung, atau menghindari paparan dari sinar UV matahari. Gunakan tabir surya agar kulit senantiasa terlindungi. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan terhadap tahi lalat yang ada pada tubuh, perhatikan keadaan dari tahi lalat tersebut dari waktu ke waktu, apakah semakin membesar atau tidak, amati perubahan jika ada – Pemeriksaan ini harus dilakukan dengan teratur.

Pengobatan

Untuk pengobatan, akan terpengaruh oleh tingkat keparahan dari kanker Melanoma tersebut pada bagian dalam tubuh Anda. Khususnya penyebaran dari sel kanker. Pengobatan yang dilakukan yakni dengan metode operasi, ini merupakan salah satu opsinya.

Langkah selanjutnya sesudah melakukan operasi adalah mencegah penyakit kanker Melanoma atau kanker kulit agar tak datang lagi. Yakni dengan melakukan pemeriksaan rutin. Apabila kanker kulit Melanoma telah cukup parah, selain operasi akan ditambahkan juga pemakaian obat-obatan serta prosedur kemoterapi kanker. Kemoterapi untuk mematikan sel kanker supaya tak tumbuh lagi, tetapi dengan efek samping yang harus diterima dari kemoterapi.