Kanker lidah Gejala, Pengobatan, dan Penyebab

Mari kenali gejala, pengobatan, dan penyebab kanker lidah. Ini merupakan tumor ganas di lidah, saat pertumbuhan dari sel-sel lidah yang berubah menjadi tidak terkontrol. Perkembangan sel kanker ini dari sel skuamosa. Jadi, sel lidah normal tadinya tumbuh kemudian membelah dengan teratur, terkontrol, ke tak terkendali, karena itu sel tersebut terus menerus tumbuh beserta membelah.

Kanker lidah Gejala, Pengobatan, dan Penyebab

Pada akhirnya terbentuk massa jaringan abnormal yang dikenal sebagai tumor lidah. Itulah awal mulanya. Penyakit ini bersifat lokal, tak menyebar. Namun istilah kanker lidah itu memiliki arti tumor lidah berubah menjadi ganas, bisa menyerang jaringan yang ada di sekitarnya, serta menyebar menuju bagian tubuh yang lain walaupun jauh, disebut juga sebagai metastase.

Kanker lidah termasuk salah satu jenis oral cancer atau kanker mulut, contohnya kanker di langit-langit keras, bibir, mulut bawah di depan lidah, lapisan pipi di bagian dalam, beserta gusi. Kanker mulut adalah subkelompok kanker leher dan kepala.

Tanda-tanda kanker lidah

Gejala dari kanker lidah benar-benar mirip gejala penyakit kanker mulut yang lain. Tanda-tanda paling sering muncul yakni luka pada lidah atau ulkus, contohnya sariawan. Tetapi luka tersebut tidak sembuh-sembuh meskipun telah diberikan pengobatan.

Sementara itu, masih ada lagi gejala kanker lidah lainnya, yaitu:

  • Lidah menjadi mudah berdarah
  • Lidah nyeri berkepanjangan, umumnya terasa di rahang
  • Terdapat penebalan atau benjolan pada lidah juga rongga mulut yang lain
  • Sakit tenggorokan, perasaan jika terdapat sesuatu mengganjal pada tenggorokan, namun rasa mengganjal tersebut menetap, tak hilang
  • Muncul patch, bercak dengan warna putih ataupun merah di gusi, lidah, tonsil, maupun lapisan mulut yang lain
  • Kesulitan mengunyah atau menelan
  • Kesulitan untuk menggerakkan lidah atau rahang

Tanda-tanda kanker lidah diakibatkan karena beberapa keadaan, selain penyakit kanker. Karena itulah maka apabila Anda merasakan gejala-gejala tersebut, sangat penting untuk Anda segera melakukan konsultasi ke dokter supaya bisa mendapatkan diagnosis yang lebih tepat.

Pengobatan

Terapi bedah adalah operasi untuk mengangkat tumor lidah serta jaringan yang berada di dekatnya. Apabila dibutuhkan kelenjar getah bening dekatnya pun akan ikut diangkat. Namun metode ini dapat dipilih saat tumor di lidah yang terlihat itu lebih kecil dari 2 cm, serta saat itu di satu sisi serta tak mengikutsertakan pangkal lidah.

Metode pengobatan lainnya yakni terapi radiasi. Nama lain dari terapi radiasi adalah radioterapi, metode pengobatan ini dibutuhkan saat kanker lidah telah sampai ke belakang lidah atau pangkal lidah. Metode terapi ini memakai radiasi dalam membunuh sel kanker serta membuat tumor menyusut.

Yang berikutnya adalah kemoterapi, memakai obat kanker lidah, biasanya akan digabungkan terapi radiasi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Metode kemoterapi ini memakai obat anti kanker dalam menghancurkan sel penyakit kanker pada seluruh tubuh penderita. Ini dapat dijadikan pilihan apabila penyakit kanker sudah menyebar terlalu jauh, metastase.

Obat untuk kanker lidah, kemoterapi berbeda, bisa digabungkan dengan tujuan menyerang sel kanker di berbagai tahapan dari siklus pertumbuhan. Selain itu juga mengurangi kemungkinan penderita kanker mengalami resistensi obat.

Tindakan lanjutan, rehabilitasi

Sesudah melakukan pengobatan, dokter bisa merekomendasikan terapi wicara, apabila ada gangguan bicara yang disebabkan lidah penderita tak bisa berfungsi dengan optimal. Terapi meningkatkan gerakan lidah, menelan, dan mengunyah.