Kegunaan beras hitam dalam melawan kanker

Penyakitkankertumor.com – Beras hitam termasuk bahan makanan dari species beras lain selain beras yang sudah biasa Anda kenal dan makan sehari-hari, yakni beras putih juga beras merah. Namun tentunya, walaupun namanya hampir sama, namun Anda harus juga membedakan antara beras hitam dan ketan hitam. Kandungan nutrisi kompleks bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi beras hitam.

Kegunaan beras hitam dalam melawan kanker

Karena alasan tersebut, maka dengan konsumsi beras hitam Anda akan mendapatkan bermacam-macam khasiat positif untuk tubuh. Manfaat tersebut terutama untuk pencegahan terhadap serangan penyakit kanker. Itu semua bisa terjadi dikarenakan beras hitam memang mempunyai kandungan yang terbilang cukup kompleks.

Beras hitam juga dikategorikan dalam jenis makanan sehari-hari yang memiliki fungsi untuk mencegah serangan kanker. Adapun manfaat dari beras hitam terkait penyakit kanker, dibagi berdasar pada kandungannya, yakni:

Manfaat beras hitam dari kandungannya untuk penyakit kanker

Vitamin B3

Mempunyai manfaat dalam merawat kulit, menjaga sirkulasi darah, dan menjaga fungsi otak supaya senantiasa bekerja secara optimal. Vitamin B3 juga dapat memberikan manfaat dalam perawatan bagian tubuh tertentu, juga mencegah seseorang terserang penyakit kanker kulit.

Vitamin B3 ini bisa membantu mencegah kepikunan serta dilengkapi berbagai nutrisi pendukung lainnya. Namun semua itu dapat membantu dalam mencegah seseorang terserang penyakit kanker otak.

Vitamin E

Beras hitam juga dilengkapi vitamin E. Ini merupakan elemen penting lain yang tidak kalah penting, terkait pengobatan penyakit kanker. Walaupun kandungan vitamin E tersebut dalam beras hitam tidaklah terlalu banyak, tetapi tetap bisa memberikan manfaat dalam meningkatkan antibodi tubuh seseorang.

Pada pasien kanker, ternyata vitamin E juga bisa membantu dalam mengurangi efek dari kemoterapi kanker.

Vitamin B6

Selain vitamin B3, dan vitamin E, beras hitam juga dilengkapi kandungan vitamin B6. Vitamin ini dapat membantu asam amino dalam memperlancar proses metabolisme dari lemak, karbohidrat, juga protein, dalam membantu menghasilkan energi untuk tubuh seseorang.

Vitamin B1

Mineral dan vitamin B1 dalam beras hitam kandungannya lebih tinggi apabila Anda bandingkan dengan kandungan dalam beras putih. Di mana kandungan vitamin B1 termasuk ke jenis senyawa antioksidan yang akan memberikan manfaat untuk tubuh, dalam membantu melindungi tubuh atas radikal bebas. Seperti yang sudah diketahui jika radikal bebas ini bisa memicu serangan kanker.

Senyawa antioksidan dari beras hitam dinilai cukup vital dalam membantu mencegah serangan kanker. Itu karena antioksidan dinilai mampu dalam menetralisir radikal bebas melalui penyaluran elektron, yang akan menghambat spesies oksigen serta nitrogen yang bisa merusak sel tubuh seseorang.

Zat besi

Kandungan lain dari beras hitam yang juga bermanfaat dalam memerangi kanker adalah zat besi. Kandungan zat besi dari beras hitam kurang lebih 15.52 ppm. Zat besi bisa membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin di sel darah merah.

Proses produksi hemoglobin tak hanya bisa untuk mengatasi gangguan anemia saja, tetapi juga bisa membantu pasien kanker darah dalam meningkatkan sel darah merah. Karena itu, ketahanan tubuh akan bisa selalu terjaga dengan baik.

Mangan

Adalah antioksidan kuat dalam melindungi tubuh atas bahaya radikal bebas. Mangan juga dapat berfungsi untuk zat pendukung enzim, yang berguna dalam pembentukan tulang. Mineral dari mangan juga bisa membantu tubuh supaya mampu menyerap nutrisi hasil pencernaan dengan lebih optimal. Selain itu, beras hitam juga dilengkapi dengan kandungan antosianin.