Kenali gejala dan penyebab Kanker lambung

Penyakit mematikan, itulah sebutan yang tepat untuk kanker lambung. Sesuai namanya, jenis kanker ini pertama kali akan menyerang organ lambung manusia, hingga akhirnya fungsi dari lambung akan terganggu. Fungsi lambung begitu penting, jika kinerjanya terganggu, maka penyerapan nutrisi oleh tubuh akan ikut terganggu, secara tidak langsung kesehatan Anda pun akan ikut terganggu.

Kenali gejala dan penyebab Kanker lambung

Gejala-gejala dari kanker lambung

  1. Nafsu makan menghilang
  2. Lebih cepat merasa lelah
  3. Muntah darah
  4. Lambung mengalami radang
  5. Berat badan yang turun dengan cepat
  6. Lambung terasa nyeri

Faktor penyebab dari kanker lambung

Berikut di bawah ini merupakan beberapa penyebab mengapa seseorang dapat terserang kanker lambung.

  1. Area kerja

Daerah kerja seperti pertambangan batu bara, industri kimia, kayu, pemurnian nikel, dapat meningkatkan resiko terserang kanker lambung. Itu karena paparan asbes yang menjadi faktor penyebab kanker lambung tersebut.

  1. Golongan darah

Untuk para pembaca sekalian yang memiliki golongan darah A juga wajib waspada. Orang dengan golongan darah A memiliki resiko mengalami kanker lambung yang cukup tinggi dibandingkan golongan darah lainnya.

  1. Jenis kelamin

Penderita kanker lambung utama adalah kaum pria. Wanita lebih sedikit yang terserang penyakit kanker ini.

  1. Asupan sayur dan buah yang kurang

Kedua bahan makanan ini memiliki kandungan karbohidrat, banyak vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh. Jika kekurangan itu, maka kinerja lambung tak dapat maksimal atau sempurna, dan dapat memicu terjadinya kanker lambung.

  1. Pernicious Anemia

Penyakit yang disebabkan oleh penurunan dari jumlah sel darah di dalam tubuh seseorang. Umumnya yang diserang adalah sistem pencernaan manusia. Tubuh juga karena penyakit ini akan kesulitan menyerap vitamin B12, padahal vitamin B12 diperlukan oleh organ lambung supaya tidak sakit.

  1. Radang lambung kronis

Jika belum kronis, penyakit lambung dapat disembuhkan dengan mudah. Namun jika penyakit lambung sudah menjadi radang, bisa menjadi penyakit berbahaya, bisa menyebabkan kanker lambung.

  1. Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol terlalu banyak

Sama seperti bahaya dari kedua kebiasaan ini, dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dan penyakit kanker jenis yang lain juga. Jadi tidak terbatas pada kanker lambung saja.

  1. Konsumsi makanan yang digoreng ataupun dibakar

Makanan yang diasap dapat menjadikan virus, kuman, dan bakteri masih hidup, tidak mati hingga 100%. Itulah yang menyebabkannya menjadi sangat berbahaya dan merupakan cara pengolahan makanan yang kurang dianjurkan.

  1. Keturunan

Jika keluarga memiliki kanker lambung sebelumnya, maka resiko terserang kanker lambung lagi akan semakin tinggi

  1. Konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi

Makanan dengan rasa asin umumnya memiliki kandungan zat natrium. Zat tersebut dapat menjadi faktor penyebab kanker lambung, bisa menjadikan lambung iritasi, iritasi parah dapat berlanjut menjadi kanker lambung – Karena itu sebaiknya penderita penyakit kanker lambung jangan makan ikan asin.

  1. Konsumsi makanan tak sehat

Makanan tak sehat, memang dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit. Baik penyakit ringan hingga berat. Bahan makanan dengan kandungan zat berbahaya untuk tubuh dapat mengakibatkan radang lambung, bakteri dalam lambung pun dapat berkembang biak dengan lebih cepat, hingga mengakibatkan terjadinya kanker lambung.

  1. Infeksi kuman Helicobacter Pylori

Kuman ini merupakan jenis kuman yang bisa berkembang biak ketika usia anak-anak. Namun untuk usia anak-anak tersebut, gejala tak terlalu jelas terlihat. Proses perkembangan bakteri Helicobacter Pylori ini akan semakin cepat jika keadaan lingkungan sekitar kumuh dan kotor.