Mencegah kanker lidah Siapapun bisa melakukannya

Penyakit kanker mulut yakni kanker yang tumbuh pada bagian dalam mulut, sesuai dengan namanya. Penyakit ini adalah salah satu dari jenis penyakit dikategorikan ke dalam kategori kanker kepala dan leher. Kanker pada bagian kepala, kanker mulut dan kanker leher, mempunyai metode pengobatan satu sama lain yang kurang lebih sama.

Mencegah kanker lidah Siapapun bisa melakukannya

Untuk kanker mulut sendiri, dapat menyerang beberapa bagian mulut di antaranya:

  • Gusi
  • Bibir
  • Dasar mulut
  • Langit-langit mulut
  • Lidah
  • Daerah sekitar pipi di bagian dalam

Terutama kanker lidah, di mana jenis kanker ini akan menjadi pokok bahasan kali ini. Kanker lidah terjadi jika ketika sel pada bagian dalam mulut seseorang itu mengalami mutasi pada DNA nya. Perubahan, mutasi DNA tersebut memungkinkan sel kanker bisa tumbuh juga membelah diri saat sel-sel sehat hendak mati.

Untuk sel-sel yang mati, kemudian membentuk sel kanker, berikutnya akan menumpuk pada bagian dalam mulut kemudian berubah menjadi tumor. Seiring waktu, penyakit tumor dapat menyebar menuju bagian yang lain di dalam mulut, bahkan bisa mencapai kepala. Awal mulanya, kanker muncul berbentuk pipih, berukuran kecil, oleh karena itu kemungkinan dalam mendeteksi tanpa menggunakan alat itu mustahil untuk dilakukan.

Tetapi seiring waktu, di mana sel kanker pun semakin bertumbuh. Akhirnya kanker bisa diketahui dengan mudah, bahkan oleh orang awam sekalipun. Itu karena ukuran sel kanker sudah bertambah besar dibandingkan sebelumnya.

Penyebab penyakit kanker lidah

Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab seseorang terserang penyakit kanker lidah. Untuk menghindari itu terjadi pada diri Anda, maka Anda perlu mempelajari mengenai apa saja sesungguhnya faktor penyebab seseorang dapat terkena kanker lidah. Hal-hal apa saja yang harus Anda hindari pun Anda akan mengetahuinya.

  • Konsumsi alkohol secara berlebihan
  • Tembakau, baik dengan bentuk rokok, juga bentuk lainnya – Dapat dibilang bahwa tembakau ini merupakan faktor penyebab umum kanker lidah, yang paling sering terjadi.
  • Terkena infeksi virus, di mana infeksi tersebut dapat ditularkan dari aktivitas s*ksu*l yakni HPV, atau virus Human Papillomavirus.
  • Sering terkena paparan sinar matahari langsung

Kumpulan cara pencegahan kanker lidah dari gaya hidup atau lifestyle

Walaupun masih belum terdapat metode yang memang benar-benar terbukti dalam mencegah terserang kanker lidah. Namun, tak ada salahnya Anda mulai mencoba beberapa langkah dibandingkan tidak menjalankan pencegahan apapun. Dengan memilih gaya hidup yang tepat, maka Anda akan memiliki potensi terhindar dari macam-macam penyakit berbahaya, termasuk menghindari terserang kanker lidah.

  • Memeriksa kesehatan mulut dan gigi di dokter gigi dengan teratur

Karena itu menyangkut kesehatan mulut. Maka Anda sebaiknya rutin memeriksakan diri ke dokter gigi, dengan begitu Anda dapat melakukan pencegahan sel-sel kanker tumbuh di dalam mulut. Ketika memeriksakan diri ke dokter, Anda sekaligus meminta dokter melakukan pemeriksaan keseluruhan bagian mulut untuk antisipasi apabila Anda terserang penyakit kanker mulut.

  • Konsumsi sayur dan buah lebih banyak

Yang berikutnya adalah konsumsi sayur dan buah. Macam-macam vitamin serta antioksidan dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi baik itu sayur maupun buah. Anda akan mengurangi resiko terserang kanker mulut, dan itu juga termasuk serangan kanker lidah, lagipula konsumsi sayur dan buah juga bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan menyeluruh.

  • Hindari alkohol dan rokok

Mungkin untuk yang satu ini sudah tidak butuh penjelasan lagi. Karena memang rokok dan alkohol dapat menyebabkan sel kanker tumbuh, tidak hanya kanker lidah saja, melainkan juga jenis penyakit kanker yang lainnya.