Mengenal biopsi kanker Kelebihan, bahaya, Prosedur, dan jenisnya

Kesan menakutkan pertama terasa begitu mendengar “biopsi kanker”. Saat seseorang dicurigai bahwa di tubuh mereka terdapat penyakit kanker, maka dokter pun akan segera menyarankan pasien untuk menjalankan biopsi. Namun seringkali pasien menolak melakukan biopsi, dengan alasan takut kanker dalam tubuh justru berubah menjadi lebih ganas dibandingkan sebelumnya, apakah itu benar?

Mengenal biopsi kanker Kelebihan

Pengenalan biopsi kanker serta tujuannya

Biopsi adalah tindakan pengambilan jaringan tubuh yang memang dicurigai oleh dokter sebagai kanker, dan dijadikan sampel. Kemudian dokter pun akan menjalankan pemeriksaan mikroskopik dalam menentukan sifat jaringan kanker itu. Ini berguna dalam menentukan jenis kanker, apakah jinak atau ganas, dengan begitu pasien pun dapat bernafas lega apabila sel kanker tersebut tergolong masih jinak.

Tujuan utama

Beberapa tujuan utama dari biopsi kanker adalah:

  1. Staging tumor
  2. Radikalitas tumor
  3. Mengenali bentuk morfologi dari jaringan tumor atau kanker, mengetahui morfologi jaringan tumor maka akan dapat membantu dalam menganalisa type hisologic kanker tersebut, grading sel, dan sub type tumor tersebut
  4. Berfungsi dalam mengatur spesimen sel tumor dalam ukuran centimeter, juga seberapa luas ekstesi dari tumor, serta nodus regional tumor itu

Jenis biopsi

Jenis dari biopsi dibagi berdasarkan cara pengambilan jaringan. Terbagi ke dalam beberapa cara di bawah ini:

  1. Biopsi punch

Dapat digunakan saat dicurigai terdapat tumor kanker kulit. Memakai alat dengan bentuk layaknya pensil, kemudian ditekan pada area kulit dengan kelainan. Alat tersebut dengan otomatis akan menggunakan alat tajam yang ada untuk mengambil sampel jaringan kulit di daerah tersebut, sebelumnya pasien diberi bius lokal.

  1. Biopsi jarum

Biopsi ini mengambil sampel yang diduga jaringan tumor ganas, dengan menggunakan jarum. Karena itu pasien diberi bius lokal sebelumnya, agar tidak terlalu merasa sakit. CT scan ataupun USG akan dijalankan, dengan tujuan memantau jarum yang masuk pada bagian tubuh yang terserang oleh tumor itu. terdapat 2 bentuk jarum biopsi yakni core biopsy dan fine needle aspiration biopsy, jarum kecil.

  1. Biopsi insisional

Cara biopsi ini yakni metode pengambilan jaringan yang memang dicurigai terdapat tumor ganas dengan ukuran besar. Bentuk dari sampel yang diambil kurang lebih 1 hingga 2 cm. Disebabkan oleh ukuran tumor yang besar, walaupun diambil sedikit saja, tak akan terlalu riskan bahayanya.

  1. Biopsi eksisional

Mengambil jaringan dari tumor kecil yang dikhawatirkan bersifat ganas antara 1 hingga 2 cm. Bentuk dari tumor kecil, sementara yang akan diambil berjumlah cukup banyak, karena itu resiko lebih besar, berbeda dengan biopsi insisional. Namun jika itu termasuk tumor ganas, penyebaran pun akan terjadi sangat cepat, karena luka yang ditimbulkan juga cukup lebar bagi ukuran tumor yang tergolong kecil.

Prosedur biopsi

  1. Syarat
    1. Tak dilakukan pemasangan drain
    2. Memakai peralatan steril dan tajam
    3. Melukai hanya pada bagian jaringan yang dicurigai tumor
    4. Ditempatkan di bagian yang hendak diambil ketika operasi definitif, garis inisisi, melihat pada rencana terapi definitive
  2. Kontra indikasi operasi
    1. Di jenis tumor kecil dapat menjalankan biopsi insisional di mana pengangkatannya keseluruhan
    2. Terdapat infeksi di bagian biopsi
    3. Ada gangguan faal hemostatis dengan bentuk berat
    4. Biopsi pada luar daerah dari yang telah direncanakan dilakukan ereksi saat nanti dioperasi
  3. Keadaan pasca menjalankan biopsi kanker
    1. Menggunakan obat untuk menghilangkan rasa sakit yang tak terdapat kandungan aspirin apabila dibutuhkan
    2. Terdapat memar pada bagian tubuh yang bekas diambil biopsi
    3. Dalam usaha mengurangi bengkak serta memar, dapat memakai es batu
    4. Aktivitas berat sebaiknya dihindari pasca biopsi, contohnya mengangkat beban yang berat, tunggu ijin dari dokter
    5. Apabila hasil pemeriksaan telah keluar, maka dokter pun akan memberitahu Anda dengan segera

Mengenai alat bantu biopsi, bahaya, dan kelebihan, dapat Anda baca di kelanjutan pada artikel yang lainnya.