Metode mencegah penyakit kanker prostat melalui makanan dan gaya hidup

Cara atau metode mencegah terserang kanker prostat seringkali dilupakan oleh orang-orang, sebab biasanya banyak yang pasrah karena menganggap itu terjadi disebabkan oleh faktor usia. Mereka menganggap jika faktor usia tak dapat dihindari. Padahal fakta yang ada sesungguhnya tidak seperti itu, itu adalah pola pikir yang salah, Anda masih bisa menghindari kanker prostat.

Metode mencegah penyakit kanker prostat melalui makanan dan gaya hidup

Banyak hasil penelitian yang dapat bertentangan antara yang satu dengan yang lainnya. Begitu pula dengan studi, banyak yang tak dirancang dengan spesifik dalam membuktikan penyakit ini. Tetapi jika ditarik garis lurus, dokter selalu merekomendasikan tiap pria agar menjalankan lifestyle yang sehat sehingga bersifat positif secara keseluruhan. Di mana itu tentu saja akan memberikan perlindungan dari serangan kanker prostat.

Lifestyle, Gaya hidup dan kanker prostat

Lebih banyak melakukan hubungan s*ks

Dapat dibilang bahwa cara ini paling menyenangkan, terdapat bukti jika pria yang kerap melakukan hubung*n badan dengan rutin bisa menurunkan resiko terserang penyakit kanker prostat. Kondisi ini disebabkan oleh aktivitas tersebut bisa membersihkan senyawa faktor penyebab kanker yang terakumulasi di kelenjar.

Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh sebuah penelitian. Di mana penelitian melibatkan hingga sebanyak 29000 dokter lelaki, serta profesional kesehatan yang lain. Berdasar penelitian tersebut berhasil ditemukan apabila pria ej*k*lasi minimal 21 kali per bulan, resiko mereka terserang kanker prostat pun akan menurun hingga 33%, ini tentu merupakan angka yang menyenangkan – Hasil tersebut dibandingkan laki-laki dengan rata-rata 4 hingga 7 kali ej*k*lasi tiap bulannya.

Menghindari penambahan pada asam folat

Bentuk sintetis folat, yakni vitamin B (Salah satunya), cukup banyak ditemukan di suplemen atau multivitamin. Ini hampir sejenis dengan faktor penyebab kanker payudara, di mana suplementasi dari asam folat tersebut diduga memiliki kaitan pada peningkatan resiko seseorang terserang kanker prostat.

Sementara itu kandungan folat dari makanan memiliki fungsi yang sebaliknya. Dengan konsumsi asam folat alami, berasal dari kacang-kacangan dan sayuran hijau, namun bukan asam folat sintetis yang berasal dari suplemen, itu lebih baik dan memang disarankan, harganya pun juga lebih murah.

Dari jenis makanan yang dikonsumsi – Menghindari kanker prostat

Jus delima dan buah dengan kandungan antioksidan

Jus delima merupakan bahan minuman yang baik untuk Anda konsumsi, jika hendak menghindari kanker prostat. Selain buah delima, bisa juga memilih buah lain yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Contoh buah-buahan tersebut antara lain anggur merah.

Buah delima termasuk bahan alami untuk mencegah berbagai penyakit kronis, khususnya penyakit yang memiliki kaitan ke stress oksidatif. Antioksidan dengan sebutan ellagitannins di buah delima yang secara eksklusif bisa membantu dalam menarget ke sel-sel kanker prostat serta menghancurkan sel-sel kanker tersebut sebelum menyebar terlalu jauh ke organ tubuh yang lain, namun bukan menarget sel tubuh yang sehat.

Ikan

Ikan adalah sumber lemak tidak jenuh ganda, sama seperti omega-6 dan omega-3, merupakan asam lemak esensial eksklusif dari makanan, jadi bukan disintesis tubuh. Dengan konsumsi omega-6 dan omega-3 seimbang akan bisa membantu dalam mencegah perkembangan penyakit kanker prostat. Itu telah berhasil dibuktikan di penelitian dengan subjek 6277 pria pada negara Swedia – Tidak tanggung-tanggung bahkan penelitian tersebut dilakukan melebihi 30 tahun lamanya.

Penelitian itu menunjukkan orang-orang tak makan ikan 2 hingga 3 kali untuk seminggu, memungkinkan mengembangkan penyakit kanker prostat dibandingkan pria yang memakan ikan dengan jumlah lebih banyak. Asam lemak omega-3 tersebut dapat ditemukan di ikan yang ada pada perairan dingin. Contoh ikan tersebut yakni herring, salmon, ikan trout, mackerel, dan ikan sarden.