Pengobatan kanker mata yang bersifat wajib

Pihak pasien sekarang banyak yang mencari pengobatan kanker mata. Ya, kanker mata juga dapat terjadi, walaupun mungkin jarang terdengar tetapi ini benar-benar ada. Mengenali gejala kanker jenis ini juga sulit, sama seperti jenis kanker yang lainnya, biasanya saat ditemukan sudah memasuki stadium lanjut. Yang berarti lebih sulit untuk disembuhkan dan resiko sel kanker menyebar sudah terjadi.

Pengobatan kanker mata yang bersifat wajib

Diagnosa oleh dokter

Sebelumnya, sudah pasti dokter harus melakukan diagnosa dahulu untuk menentukan kondisi pasien. Setelahnya, dokter baru bisa mengerti tentang penyakit yang diderita adalah penyakit kanker atau penyakit lainnya. Dengan menjalankan pemeriksaan pada poli onkologi dokter dapat mengetahui mengenai pasien sudah memasuki stadium kanker mata yang ke berapa.

Diagnosa kanker mata

Sesudah memasuki rumah sakit, pasien pun akan diarahkan menuju poli onkologi. Pada poli tersebut, selanjutnya pasien akan mendapatkan pemeriksaan, pemeriksaan terkait tanda-tanda yang dirasakan apakah termasuk gejala kanker mata atau bukan. Jika bukan maka Anda patut bersyukur.

Tahapan diagnosis oleh dokter sendiri terbagi ke dalam beberapa. Berikut urutan tahapannya yang perlu untuk Anda ketahui:

  1. Pemeriksaan fisik mata. Yang pertama pemeriksaan dalam memastikan jika dalam mata pasien itu ada indikasi kuat terdapat kanker mata atau tidak.
  2. Dokter dapat mengerti mana mata yang sehat atau normal, serta mata yang sudah terserang oleh kanker mata.
  3. CT fundus adalah metode pemeriksaan lanjutan yang akan dilakukan oleh dokter. Pemeriksaan CT fundus akan melibatkan kepala pasien juga. Indikasi apabila pasien terserang kanker mata dapat diperkuat dengan pemeriksaan ketiga ini.
  4. Pemeriksaan melalui laboratorium dibutuhkan untuk menentukan faktor penyebab kanker mata pada pasien. Sesudah hasil pemeriksaan laboratorium menyebutkan jika pasien positif terserang kanker mata, maka dokter pun akan menginfokan pengobatan kanker mata untuk pasien, yang wajib untuk dilakukan.

Tahapan penyembuhan kanker melanoma

Tahap 1:

Dokter akan menjalankan observasi. Kondisi ini dilakukan dokter apabila sel melanoma intraokularnya cenderung tumbuh lambat dan kecil. Di mana pasien akan dimonitor selalu oleh team dokter. Dokter pun akan meninjau kondisi kesehatan pasien. Saat tumor sudah mulai menunjukkan tanda-tanda agresif berbeda dibandingkan sebelumnya, maka dokter memulai pengobatan aktif.

Tahap 2:

Ketika tumor berukuran melebihi 10 mm maka pengobatan aktif akan diberikan. Di mana pasien yang sudah melakukan observasi wajib bertanya pada dokter mengenai berapa sering pasien tersebut sebaiknya memeriksakan kondisi matanya.

Tahap 3:

Sesudah hasil observasi menunjukkan tanda-tanda tumor aktif dan ganas, maka operasi akan dilakukan. Pembedahan akan dilakukan untuk mengangkat jaringan kanker dan tumor. Operasi adalah tindakan medis terumum yang dilakukan. Ketika menjalankan operasi, dokter yang bertugas menangani pembedahan akan melakukan penghapusan sebagian, bisa juga seluruh mata, itu semua bergantung ke tingkat penyebaran dan ukuran dari tumor.

Tahap 4:

Untuk mengangkat kanker pada bagian iris mata, akan dilakukan iridectomy. Ini dilakukan apabila sel tumor telah mengenai iris mata.

Tahap 5:

Operasi yang dilakukan tak hanya pada bagian iris tetapi juga bagian tubuh dari ciliary, operasi ini diberi nama iridocycletomy.

Tahap 6:

Endoresection adalah operasi yang bertujuan untuk mengangkat tumor choroidal dan sekaligus juga bermanfaat untuk menjaga mata.

Tahap 7:

Enuklesi yakni pengangkatan kanker pada seluruh bagian mata pasien. Apabila pasien menjalankan operasi enuklesi ini, maka seluruh bagian matanya akan hilang.