Pengobatan kanker tulang secara umum

Jenis penyakit, ketika kondisi sel kanker berkembang dan tumbuh di jaringan tulang disebut sebagai kanker tulang. Kondisi ini terjadi saat sel-sel dalam tulang itu berkembang teratur serta tak normal. Disebabkan sel-sel di dalam darah yang terus menerus membelah dengan tak teratur, sehingga sel-sel baru tumbuh tak dibutuhkan tubuh lagi.

Pengobatan kanker tulang secara umum

Keadaan yang seperti ini akhirnya dapat membentuk massa atau jaringan dengan sebutan tumor. Apabila tumor bersifat jinak tak menyebar, penyakit kanker dapat memiliki sebutan tumor ganas, jika penyebaran termasuk benar-benar cepat dan itu yang sangat berbahaya. Dibutuhkan penanganan yang tidak boleh terlambat.

Faktor penyebab kanker tulang

Hingga sekarang ini, mengenai penyebab kanker tulang belum bisa diketahui dengan pasti dan jelas. Tetapi faktor genetik atau keturunan, nampaknya memiliki peran yang besar untuk meningkatnya potensi terserang kanker tulang. Untuk faktor lainnya, yang sama-sama bisa menjadi penyebab resiko regenerasi dan kerusakan tulang dalam untuk jangka waktu tertentu meningkat, juga bisa meningkatkan resiko dari perkembangan sel-sel kanker di dalam tulang.

Pengobatan kanker tulang

Untuk pemilihan metode pengobatan kanker tulang, bisa dilakukan namun tergantung dari keadaan atau kondisi kesehatan pasien, jenis penyakit kanker tulang, lokasi dan stadium kanker. Untuk jenis-jenis penyembuhan yang biasanya digunakan yakni:

  • Kemoterapi

Ini adalah jenis pengobatan kanker memakai obat-obatan yang bertujuan membunuh sel kanker di dalam tulang. Bentuk kemoterapi sendiri ada bermacam-macam, di antaranya adalah suntik, pil, dan kateter.

  • Pembedahan

Ini adalah jenis pengobatan yang umum digunakan dan membutuhkan amputasi di bagian yang terserang penyakit kanker. Apabila keadaan memungkinkan, dokter pun akan melakukan proses pengangkatan sel kanker di tulang dan tak harus melakukan amputasi pada pasien.

  • Terapi radiasi

Metode yang ketiga yakni terapi radiasi. Ini adalah jenis pengobatan memakai teknik radiasi dengan tujuan membunuh sel kanker pada bagian dalam tulang. Terapi radiasi ini dibagi lagi menjadi 2 teknik radiasi yang berbeda, yaitu:

  1. Terapi radiasi internal: Metode radiasi yang dilakukan dalam tubuh serta dekat sel-sel penyakit kanker
  2. Terapi radiasi eksternal: Di mana sumber radiasi dari luar tubuh

Mencegah terserang kanker tulang

Supaya mencegah terserang kanker tulang, yang penting yakni pemahaman terkait proses terjadinya tanda-tanda kanker tulang tersebut. Umumnya kanker terjadi disebabkan oleh radikal bebas serta zat karsinogen yang terdapat dalam tubuh seseorang. Sesudah mengetahui itu, Anda pun akan bisa melakukan prosedur pencegahan yang diperlukan, berikut beberapa metode yang bisa dilakukan dalam mencegah terserang kanker tulang, yakni:

  1. Menghindari alkohol dan rokok

Alkohol dan rokok adalah sumber berbagai penyakit yang berbahaya, tidak hanya kanker saja. Mulai penyakit ginjal, jantung, serta penyakit berat yang lain. Juga, rokok memiliki kandungan zat karsinogen, di mana zat karsinogen tersebutlah yang menjadi ancaman paling besar dalam memicu macam-macam jenis penyakit kanker dalam tubuh manusia.

  1. Menjalankan pola hidup sehat

Menjalankan lifestyle atau dikenal juga dengan pola hidup sehat sangat penting dalam mencegah serangan berbagai penyakit kanker. Contoh gaya hidup sehat tersebut antara lain rajin olahraga, kontrol asupan makanan bergizi dan menyehatkan yang dikonsumsi sehari-hari. Karena dengan konsumsi makanan sehat, maka kebutuhan nutrisi tubuh pun akan selalu terpenuhi. Dengan begitu secara tidak langsung kekebalan tubuh pun akan meningkat, yang akan meminimalisir kemungkinan dari perkembangan variasi penyakit, baik penyakit ringan hingga penyakit yang bersifat berat.