Pengobatan penyakit kanker paru-paru atas dasar Jenisnya

Penyakit kanker paru-paru itu mempunyai 2 jenis, yakni small cell lung cancer, sementara yang kedua adalah non small cell lung cancer. Gejala kanker paru-paru 2 jenis penyakit kanker paru tersebut sesuai perkembangan serta pertumbuhan kanker tersebut. Oleh karena itu akan diperlukan pengobatan sesuai pertumbuhan dari sel kanker yang telah menyebar tersebut.

Pengobatan penyakit kanker paru-paru atas dasar Jenisnya

Cara pengobatan kanker paru-paru

Kanker paru-paru kecil

Untuk small cell cancer ini akan menyebar pada daerah kelenjar getah bening di bagian dada manusia. Cara pengobatan kanker paru-paru kecil dapat Anda temukan di bawah ini:

  • Kemoterapi

Pemakaian obat-obatan dengan tujuan membunuh serta menghentikan sel kanker pada pertumbuhan mereka. Metode kemoterapi memiliki fungsi menghambat pertumbuhan dari sel kanker yang tumbuh dan berkembang. Untuk pasien yang mempunyai penyakit kanker paru-paru kecil ini bisa diobati menggunakan kemoterapi tunggal, dengan arti mengkombinasikan 2 obat kemoterapi – diberikan secara bersamaan, hal ini bisa membantu untuk mengurangi ukuran dari tumor serta memperpanjang usia pasien.

Umumnya kemoterapi itu dilakukan semasa pengobatan 1 hingga 3 hari tiap minggunya. Untuk lama pengobatan kemoterapi sendiri ditentukan pada sejauh mana penyakit kanker paru-paru bisa merespon di pengobatan. Umumnya pengobatan kanker paru-paru kecil berupa irinotecan dan etoposid, ke 2 jenis obat ini mempunyai efek samping, namun efek samping yang benar-benar ringan.

  • Operasi

Penyakit kanker paru-paru kecil mempunyai sifat cepat menyebar, oleh karena itu metode operasi diperlukan, terkadang. Operasi bertujuan untuk mengangkat tumor paru-paru, namun tak dapat menjamin kelangsungan hidup sang pasien juga. Dengan diagnosa lebih awal pasien yang terserang kanker paru-paru kecil tersebut, akan mempunyai persentase kelangsungan hidup antara 35 sampai dengan 40%.

Operasi pembedahan memakai tabung tipis, kemudian tabung tipis tersebut akan dimasukkan dalam tulang dada beserta bagian tengah dada, yang di antara paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Ketika menjalankan operasi, dokter pun akan mengangkat kelenjar getah bening sebagai bahan sampel, menentukan apakah di dalam organ kelenjar getah bening pasien ada kandungan sel-sel kanker ataukah bebas dari sel kanker.

  • Terapi radiasi

Yang berikutnya adalah terapi radiasi. Metode ini dianjurkan untuk pasien yang melakukan kemoterapi namun dengan tahap terbatas. Untuk terapi radiasi, menggunakan sinar-x, di mana sinar-x tersebut mempunyai energi benar-benar tinggi. Kemudian sinar-x akan difokuskan ke keberadaan dari penyakit tertentu, bertujuan membunuh sel kanker di dalam tubuh.

Radiasi adalah pengobatan yang bersifat lokal serta mempunyai efek samping ringan. Jadi berbeda apabila Anda bandingkan dengan kemoterapi. Di penggunaan radiasi dada akan memungkinkan penderita penyakit kanker paru-paru bisa mengurangi serta menghambat pertumbuhan dari sel kanker, begitu pula untuk radiasi otak, juga memiliki fungsi mengurangi penyebaran dari tumor.

Kanker paru-paru type sel non kecil – Non small cell lung cancer

Stadium awal

Operasi pembedahan, terapi photodynamic, brachytherapy, terapi laser. Kanker jenis ini tak menyerang juga menyebar lebih dalam di jaringan paru-paru, karena alasan itu maka operasi pembedahan saja sesungguhnya sudah cukup.

Stadium 1

Kemoterapi adjuvant, terapi radiasi stereotatic, terapi radiasi konvensional, dan radiofrequency.

Stadium 2

Operasi dan kemoterapi, juga radiasi.

Stadium 3A

Kemoterapi, terapi radiasi, dan operasi.

Stadium 3B

Kemoterapi beserta radiasi.

Stadium 4

Cara pengobatan contohnya yakni kemoterapi, pembedahan, beserta radiasi. Pengobatan lainnya yakni terapi photodynamic, terapi untuk meringankan gejala.