Penyakit kanker usus besar kenali Ciri, Pengertian, Diagnosa, dan Penyebab

Gejala kanker usus besar sebaiknya Anda mengerti, sebab penyakit kanker ini seringkali disalahartikan menjadi sakit lambung biasa. Di mana keduanya merupakan penyakit yang berbeda. Anggapan itu merupakan anggapan yang sangat salah dan merupakan faktor penyebab mengapa seringkali orang terlalu terlambat dalam menyadari kanker usus besar.

Penyakit kanker usus besar kenali Ciri, Pengertian, Diagnosa, dan Penyebab

Penyakit kanker usus besar di stadium awal memang seringkali salah dideteksi, bahkan pihak medis juga banyak yang melakukan kesalahan. Di mana para ahli medis mengira apabila penyakit kanker usus besar Cuma infeksi usus yang biasa, serta usus kotor disebabkan oleh kandungan toksin yang cukup banyak.

Jika kesalahan terjadi dari salah prediksi oleh ahli medis, maka hal tersebut dapat memperparah keadaan. Karena apabila penyakit kanker usus tak berhasil dideteksi mulai dari awal, akhirnya sel kanker akan menyebar cepat menuju organ pencernaan yang lain.

Pengertian penyakit kanker usus besar

Penyakit ini dikenal juga sebagai kanker kolon. Penyakit kanker ini lokasinya pada bagian bawah organ pencernaan manusia. Apabila telah menyebar, maka dapat disebut kanker rektum.

Pengertian kanker rektum

Ini merupakan kanker yang ada di organ tubuh beberapa inci dari organ usus besar. Kanker rektum dan kanker usus besar disebut sebagai kanker kolorektal. Tetapi dibutuhkan sebuah proses untuk menjadi sebuah jaringan kanker.

Proses kanker usus besar yang terjadi yakni

  1. Penyakit kanker usus besar dimulai jaringan kecil dan non-kanker
  2. Jaringan itu memiliki bentuk gumpalan sel, memiliki sebutan polip adenomatosa
  3. Seiring waktu bertambah, polip akan berkembang ke kanker usus besar
  4. Untuk polip mungkin tak memiliki gejala, alasan itulah yang menjadikan dokter wajib dalam menjalankan tes skrining dengan rutin dalam mengetahui besarnya polip pada usus besar, juga besarnya potensi dalam berubah ke kanker usus besar
  5. Seseorang dengan polip tetapi tak menjalankan skrining tak akan tahu apabila polip telah berubah menjadi kanker

Gejala atau tanda-tanda penyakit kanker usus besar

Di tahap awal, penyakit kanker usus besar tak menyebabkan gejala. Untuk beberapa negara berkembang, contohnya negara Amerika, penyakit kanker kolorektal adalah faktor penyebab utama kematian yang disebabkan karena penyakit kanker.

  1. Perut terasa penuh – Perut terasa penuh karena sembelit. Walau terasa penuh, tetapi tak dapat dikeluarkan.
  2. Sembelit – Ini merupakan tanda-tanda kanker usus besar dan beberapa penyakit yang lain. Seseorang dengan gangguan sembelit, pencernaannya ikut terganggu. Pada kasus penyakit kanker usus, faktor penyebab sembelit yakni penyakit tumor pada usus besar dan akhirnya menahan tinja yang hendak dikeluarkan.
  3. Keluar darah ketika BAB – Apabila ketika BAB Anda menemukan darah, maka Anda boleh khawatir. Sebab tinja yang disertai dengan darah dapat menjadi sebuah indikasi penyakit kanker usus. Karena itu harus dilakukan tes dengan lebih spesifik lagi untuk menentukan jika darah yang dikeluarkan karena wasir ataukah karena penyakit kanker usus.

Diagnosa kanker usus besar

Apabila ditemukan gejala-gejala, maka segera konsultasi ke dokter. Kondisi fisik Anda akan diperiksa oleh dokter. Karena itu akan diketahui jika Anda menderita kanker usus besar ataukah hanya karena penyakit pencernaan biasa.

Tes skrining juga ada, di mana tes ini bersifat wajib untuk penderita polip kolorektal. Tes tersebut juga dilakukan untuk penderita sakit diare, dan sembelit. Cara melakukan tes skrining yakni memasukkan alat berupa scan yang dapat digunakan dalam melihat keadaan usus besar, terdapat benjolan mencurigakan ataukah tidak.