Penyebab penyakit kanker pita suara

Faktor penyebab kanker pita suara sesungguhnya apa saja? Salah satunya yakni kebiasaan merokok, memang kebiasaan merokok ini merupakan salah satu penyebab penyakit kanker yang lain juga. Nama lain dari kanker pita suara ini yakni kanker laring.

Penyebab penyakit kanker pita suara

Yang terganggu di kondisi ini yakni kotak suara, pita suara, dan bagian lain tenggorokan, di mana ada sel kanker di daerah tersebut. Biasanya yang terserang adalah para perokok aktif. Untuk diketahui bahwa pertumbuhan dari penyakit kanker ini juga termasuk cepat.

Wanita yang merokok sekaligus sering minum minuman dengan kandungan alkohol semakin beresiko terserang kanker pita suara ini. Karena alasan tersebut maka jumlah wanita yang menderita kanker ini hampir sama dengan jumlah pria, dari berbagai belahan dunia. Sekarang memang sudah tidak sedikit wanita yang menjadi perokok aktif.

Terdapat beberapa macam faktor yang mengakibatkan seseorang terserang kanker pita suara. Di mana rata-rata adalah karena lifestyle yang buruk, jika dari sendiri tidak cepat sadar, maka hal tersebut tidak dapat dicegah lagi. Tetapi juga ada faktor penyebab eksternal, untuk detailnya dapat Anda baca di bawah ini.

Berbagai faktor penyebab penyakit kanker pita suara

Kebiasaan merokok

Yang pertama ini sudah disebutkan sebelumnya, sebagai faktor penyebab yang paling umum terjadi. Memang kebiasaan buruk ini seolah sudah mendarah daging, khususnya pada masyarakat Indonesia, bahkan ada yang tidak tahan jika sudah selesai makan tidak merokok. Padahal orang-orang tersebut sudah mengerti bahaya dari rokok untuk kesehatan mereka.

Karena tingkat kesadaran dari masyarakat pada bahaya rokok sangat kurang, akhirnya kanker pita suara selalu mengintai, hanya masalah waktu saja sebelum mereka ikut terserang. Sekarang pada bungkus rokok juga sudah diberikan peringatan mengenai bahaya rokok. Ada foto orang yang terserang kanker pita suara, dan itu sudah menjadi bukti nyata.

Konsumsi minuman beralkohol

Minuman dengan kandungan alkohol dapat menjadi faktor penyebab kanker pita suara, selain merusak syaraf juga mengurangi kesadaran pikiran. Dengan minum minuman beralkohol akan merugikan orang tersebut, juga akan merepotkan orang lain, karena mabuk yang merupakan efek samping minuman tersebut.

Sudah ada penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya, dan seorang peminum berat memiliki resiko lebih tinggi terserang kanker laring atau kanker pita suara sebanyak 3x lipat. Bahkan peminum pemula juga beresiko, resiko dapat menjadi semakin meningkat jika orang tersebut juga aktif merokok.

Faktor keturunan (Gen)

Gen juga memiliki pengaruh dalam faktor penyebab kanker pita suara. Apabila Anda memiliki silsilah keluarga di mana sebelumnya ada yang terserang oleh kanker pita suara, baik itu adik, ayah, kakak, maka Anda juga akan beresiko terserang penyakit yang sama hingga 2x lipat.

Kurang gizi dan vitamin

Untuk Anda yang merupakan perokok aktif dan sering minum minuman beralkohol maka sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan gizi yang baik dan penuh vitamin. Paling tidak resiko kanker pita suara akan bisa diturunkan. Karena memang seseorang yang kurang vitamin juga kurang gizi, akan memiliki resiko terserang kanker laring lebih tinggi.

Usia

Seseorang dengan usia di atas 50 tahun memiliki resiko lebih tinggi terserang kanker pita suara. Namun untuk faktor yang satu ini mungkin tidak dapat dicegah. Salah satunya hanya dengan menjaga pola hidup sehat, sehingga ketika Anda tua nanti, tidak terserang oleh kanker pita suara. Pemeriksaan rutin ke dokter juga dianjurkan.