Penyembuhan penyakit kanker serviks stadium IA1, IA2, IB, IIA, dan stadium lainnya

Apabila seorang ibu yang menderita atau terserang kanker serviks stadium IA1, dan terdeteksi kembali mempunyai sel kanker ketika dilakukan proses biopsi, maka mengulang pengobatan menggunakan metode biopsi dapat dilakukan kembali. Apabila ditemukan jika sel kanker telah masuk dalam kelenjar getah bening, solusi yang tepat adalah memberikan treatment yang disebut juga sebagai Traselektomi Radikal.

Penyembuhan penyakit kanker serviks stadium IA1

Di mana untuk pengobatan jenis tersebut, vagina bagian atas atau serviks wajib diangkat. Apabila wanita pasien yang menderita penyakit kanker serviks sudah tak mau keturunan lagi, maka pengobatan yang dilakukan pun akan berbeda. Untuk kondisi yang satu ini, maka histerektomi merupakan metode yang dianjurkan. Apabila sel kanker telah menyebar hingga pembuluh darah ataupun kelenjar getah bening, pengobatan yang sebaiknya dilakukan yakni histerektomi radikal, yang juga akan mengangkat bengkak atau benjolan yang ada di kelenjar getah bening pada bagian pelvik.

Pengobatan penyakit kanker serviks stadium IA2

Sekali lagi, bahwa Anda harus mengingat jika faktor kesuburan, apakah ingin dipertahankan atau tidak oleh pasien kanker serviks. Biopsy, pengangkatan bengkak atau benjolan di kelenjar getah bening pada bagian pelvik, histerektomi radikal. Apabila proses pengobatan sudah dijalankan, langkah selanjutnya dokter wajib tetap menjalankan pengawasan dan pemantauan yang diikuti oleh observasi mendalam, jadi tidak serta merta begitu saja dilepaskan dari pantauan dokter.

Apabila memang pasien tak mau mempunyai keturunan lagi, dan sudah terdeteksi menderita kanker serviks stadium IA2 ini, maka pasien tersebut bisa menjalani pengobatan metode histerektomi radikal yakni pengangkatan bengkak atau benjolan di kelenjar getah bening pelvis. Dan, pasien kanker serviks juga bisa memanfaatkan pengobatan memakai metode terapi radiasi di pelvis, serta dilengkapi brasiterapi.

Pengobatan kanker serviks stadium IIA dan IIB

Untuk stadium IIB dan IIA, maka pengobatan yang bisa dicoba diberikan pada pasien adalah dengan operasi, radiasi, dan juga radiasi yang dilengkapi proses kemoterapi.

Pengobatan kanker serviks stadium IIA1 dan IB1

Treatment atau pengobatan standar yang akan diberikan untuk pasien penderita kanker serviks yang telah masuk dalam stadium IIA1 dan IB1 yakni melakukan histerektomi radikal, seperti sebelumnya, disertai dengan pengangkatan pada bagian kelenjar getah bening pada bagian perut sebelah atas.

Apabila memang pasien masih mau mempunyai keturunan ke depannya. Maka traselektomi radikal merupakan metode yang lebih direkomendasikan dibandingkan menggunakan metode tresektomi radikal.

Pengobatan kanker serviks stadium III, IIB, IVA

Untuk ketiga stadium ini, pengobatan dengan terapi radiasi. Terapi radiasi yang disertai dengan kemo, termasuk pengobatan yang tepat serta dianjurkan. Metode kemo bisa diberikan berupa cisplatin atau kemo cisplatin dengan flurorasil. Sementara itu, radiasi dapat memakai brasiterapi dan radiasi sinar dalam.

Pengobatan kanker serviks stadium IVB

Untuk seorang pasien kanker serviks yang telah memasuki stage atau stadium IVB, pada waktu tersebut di mana sel kanker telah menyebar menuju pembuluh darah dan bagian tubuh lainnya juga. Untuk stadium ini bisa disebutkan jika seorang pasien penyakit kanker serviks telah tak bisa disembuhkan lagi dengan cara medis, setidaknya untuk teknologi medis sekarang ini.

Penyembuhan yang diberikan layaknya kemo dan terapi radiasi Cuma akan membantu dalam mengurangi gejala yang disebabkan oleh penyebaran sel kanker pada bagian tubuh lainnya, namun bukan menyembuhkan. Sementara itu, obat-obatan umumnya diberikan untuk seorang pasien kanker yang telah masuk dalam stadium IVB itu yakni carboplatin dan cisplatin, topotecan, gemZar, ataupun taxol. Juga, obat bevacizumab bisa ditambahkan dalam obat bagi proses kemo.