Perawatan dan pengobatan Kanker kulit

Pemilihan penyembuhan penyakit kanker kulit beserta lesi kulit prakanker memang bervariasi, di mana pilihan pengobatan atau penyembuhan tersebut bergantung berbagai faktor. Antara lain jenis, ukuran, lokasi, dan kedalaman lesi. Gejala kanker kulit apabila sudah diperiksa oleh tenaga medis, akan membutuhkan pengobatan tepat sasaran guna menghilangkan jaringan atau sel kanker secepat mungkin – Jangan sampai sel kanker menjalar hingga jaringan tubuh lain yang masih sehat.

Perawatan dan pengobatan Kanker kulit

Metode pengobatan penyakit kanker kulit

  1. Cyrosurgery

Jaringan tumor akan dihancurkan oleh dokter dengan cara membekukan nitrogen cair. Jadi tak perlu pemotongan dan perdarahan, serta tak memerlukan anestesi juga. Metode ini bisa diulang untuk beberapa kali di sesi sama dengan tujuan membantu menghancurkan sel kanker ganas.

Metode cryosurgery termasuk pengobatan yang bersifat aman bagi pasien yang memiliki intoleransi pada anestesi dan gangguan perdarahan. Tingkat kesembuhan metode cryosurgery lebih rendah dibandingkan metode bedah.

  1. Operasi Mohs Micrographic

Operasi ini dengan pengangkatan tumor yang dapat terlihat menggunakan lapisan sangat tipis yang berasal dari jaringan sekitarnya. Setelahnya, lapisan akan diperiksa menyeluruh menggunakan mikroskop. Apabila memang tumor masih terdapat pada pinggiran jaringan atau kedalaman, maka prosedur pun harus diulang hingga lapisan paling akhir dilihat pada bawah mikroskop.

Ini sering dimanfaatkan di tumor yang sudah terulang, maupun daerah kritis. Pada daerah seperti hidung, sekitar mata, telinga, tangan, kaki, leher, dan bibir.

  1. Operasi elektro

Metode ketiga adalah operasi elektro. Sel kanker akan dikerok memakai kuret panas dari jarum elektrokauter. Dengan tujuan untuk menghancurkan sel tumor residu serta kontrol perdarahan yang terjadi. Metode operasi elektro ini umumnya diulang sampai beberapa kali, sampai dengan lapisan lebih dalam supaya memastikan tak terdapat sel tumor tetap.

Ini memiliki tujuan untuk bisa menghasilkan tingkat persentase kesembuhan yang mendekati orang yang dari operasi eksisi. Tetapi operasi elektro tak dianggap efektif, khususnya untuk situs yang terbilang sulit. Contohnya adalah alat kelamin, telinga, bibir, dan kelopak mata.

  1. Operasi eksisi

Pada metode ini, dokter bedah akan melakukan proses pengangkatan dengan tujuan mengambil seluruh jaringan dari pertumbuhan sel. Adanya luka pada daerah lokasi bedah ditutup menggunakan jahitan. Sementara itu, jaringan yang sudah dipotong akan dikirimkan menuju laboratorium untuk diperiksa secara mikroskopis, dengan begitu akan bisa memverifikasi jika semua sel kanker sudah berhasil diangkat.

  1. Radiasi

Pada metode radiasi, sinar X-ray akan diarahkan langsung ke tumor, tetapi tak membutuhkan anestesi maupun pemotongan. Proses penghancuran tumor umumnya memerlukan beberapa rangkaian perawatan, diberikan beberapa kali untuk jangka waktu 1 hingga 4 minggu, terkadang per hari untuk satu bulan lamanya.

Terapi ini khususnya dipakai bagi penderita tumor yang cukup sulit diobati menggunakan metode pembedahan. Juga pada penderita yang tak direkomendasikan melakukan operasi, misalnya saja orang tua dan orang dengan kondisi kesehatan yang buruk, di mana operasi tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Perawatan alternatif kanker kulit

Sesudah didiagnosa terserang kanker kulit, perawatan medis harus dilakukan. Antioksidan vitamin A atau beta-karoten dan mineral seng, serta vitamin E dan C, bisa membantu untuk memperbaiki kerusakan pada kulit dan jaringan tubuh yang sehat. Peneliti medis sudah banyak menjalankan percobaan dalam menentukan unsur-unsur gizi yang ada, yang akan bisa melindungi kulit dari macam-macam efek berbahaya paparan sinar matahari. Tetapi memang hingga sekarang masih belum ditemukan bukti meyakinkan jika agen vitamin bisa membantu menyembuhkan kanker kulit. Karena itu perawatan alternatif kanker kulit sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.