Radioterapi kanker serviks Cara, efek samping, dan proses

Penderita kanker serviks dapat diobati dengan menggunakan radioterapi. Memang radioterapi ini merupakan salah satu bentuk terapi yang digunakan dalam menyembuhkan penderita kanker menggunakan radiasi, karena itu dapat menghilangkan serta membunuh sel-sel kanker. Radioterapi memang merupakan cara menyembuhkan kanker serviks populer.

Radioterapi kanker serviks Cara, efek samping, dan proses

Pengobatan memakai terapi radiasi ini umumnya dilakukan bersama kemoterapi, juga terkadang disertai terapi yang lain, serta terkadang juga cukup dengan radioterapi namun tergantung pada jenis penyakit kanker serviks diderita serta tingkatan kankernya. Untuk artikel kesehatan kali ini dijelaskan tentang proses terapi menggunakan radioaktif yang satu ini.

Jika memang Anda hendak menjalankan terapi ini, maka artikel ini dapat Anda buat menjadi referensi untuk membantu mencari tahu tentang gambaran proses terapi radiasi. Karena itulah Anda akan bisa mempersiapkan diri dalam keberhasilan terapi ini. Tata cara dan proses untuk melakukan radioterapi dalam menyembuhkan kanker serviks yakni.

Proses

Ketika terapi radiasi atau proses radioterapi, gelombang radioaktif akan dipakai untuk menyembuhkan kanker. Biasanya terdapat 2 type terapi radiasi yang dimanfaatkan dalam menyembuhkan penyakit kanker serviks. Adapun ke 2 jenis dari radioterapi tersebut yakni radioterapi internal dan radioterapi eksternal.

Radioterapi eksternal

Dalam menjalankan proses radioterapi eksternal, ketika berlangsungnya terapi, sinar diarahkan pada tubuh memakai alat yang memiliki kemiripan dengan alat untuk melakukan penyinaran sinar x. Untuk jenis terapi ini, radioterapi eksternal, bisa Anda jalankan pada rumah sakit khusus yang memang diperuntukkan menjalankan terapi radioaktif.

Umumnya terapi yang dilayani pada waktu hari kerja, karena itu ketika akhir pekan pasien pun bisa memanfaatkan waktunya untuk istirahat. Untuk pasien yang menderita kanker serviks yang berada di stadium awal, terapi memakai radioaktif ini bisa dilakukan untuk jangka waktu 5 minggu.

Radioterapi internal

Untuk jenis radioterapi yang berikutnya yakni radioterapi internal. Radioterapi ini berbeda jika dibandingkan dengan jenis terapi radioaktif eksternal, untuk radioterapi internal, sumber gelombang radioaktif langsung dimasukkan pada bagian dalam vagina yang kemudian ditempatkan sampai ke bagian rahim.

Waktu yang diperlukan untuk proses ini bisa hingga berjam-jam. Untuk kasus tertentu, bahkan proses tersebut dapat berlangsung sampai dengan beberapa hari. Maksud dari proses ini adalah memberikan dorongan ke treatment-treatment yang telah diberikan. Dokter terkadang merekomendasikan Anda supaya menjalani radioterapi sesudah operasi untuk kanker yang selesai dilakukan.

Cara menjalankan radioterapi

Anda juga perlu mengetahui apa yang sebaiknya dilakukan selama serta sesudah menjalankan terapi radiasi. Sebagai seorang pasien, khususnya bagi yang pertama kali menjalankan proses radioterapi, sudah pasti terbesit dalam benak tentang apa saja yang sebaiknya dilakukan dokter ataupun pasien setelah, selama, dan sebelum proses dari radioterapi.

Konsultasi awal

Tujuan konsultasi awal adalah menentukan jenis radioterapi yang memang paling tepat dalam menangani penyakit kanker serviks pada pasien. Juga peranan radioterapi apa memang efektif dalam mengatasi jenis kanker servis, serta merencanakan treatment yang harus dijalani oleh pasien.

Konsultasi awal ini dilakukan bersama seorang onkologis. Umumnya Anda juga ditemani seorang petugas medis terlatih terkait proses radioterapi. Tujuan lain dari konsultasi awal ini adalah sebelum menjalankan prosedur radioterapi yakni supaya Anda dapat menanyakan macam-macam pertanyaan terkait proses tersebut dan juga hal yang lain yang memiliki kaitan ke kanker servis beserta pengobatannya.

Simulasi

Ini merupakan tahapan kedua yang perlu Anda lakukan. Simulasi dilakukan sesudah memutuskan tentang type terapi radiasi yang memang cocok untuk dilakukan. Tujuan simulasi adalah mengerti tentang titik mana saja yang merupakan daerah tepat yang perlu diberikan radiasi.

Supaya terapi radiasi lebih akurat, uji CT scan juga perlu dilakukan. Masih dalam tahapan ini, titik atau area tertentu untuk radiasi dapat diberikan tanda dengan memakai tinta yang memiliki sifat permanen. Tujuannya supaya saat proses radiasi dijalankan, onkologis akan bisa mengetahui dengan tepat area yang sudah seharusnya mendapatkan terapi radiasi.

Treatment

Sesudah menjalankan simulasi, Anda akan mendapatkan hari tentang supaya Anda dapat mempersiapkan diri dan juga lebih rileks. Untuk sekarang ini berdasarkan diagnose yang dibuat, seorang onkologis akan menggunakannya untuk pembuatan rencana treatment.

Treatment radiasi

Jumlah treatment radiasi untuk masing-masing pasien berbeda-beda. Kesemua itu dikalkulasikan pada dasar tipe penyakit kanker serviks pada pasien dan juga lokasi penyakit kankernya. Untuk tahap ini, onkologis radiasi juga mendiskusikan tentang apakah treatment radiasi yang telah direncanakan sudah sesuai atau tidak.

Follow up pada hasil radioterapi

Saat treatment serta radioterapi telah usai, Anda wajib kembali ke R.S. Tujuannya supaya onkologis bisa memberikan follow up mengenai apa yang perlu untuk dilakukan serta hal yang memiliki kaitan dengan perawatan dan penyakit kanker serviks tersebut. Untuk tahap ini, seorang onkologis juga memberikan anjuran waktu mengenai kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke rumah sakit.