Stadium 1 Kanker otak Penyebab, Pengobatan, dan Ciri-ciri

Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat ditakuti. Di mana penyakit ini termasuk ke dalam kategori penyakit kronis sulit untuk disembuhkan. Jika telah menyerang organ otak, sebab otak sendiri mempunyai fungsi mengontrol semua anggota tubuh seseorang.

Stadium 1 Kanker otak Penyebab, Pengobatan, dan Ciri-ciri

Untuk bahan pencegahan, penyakit kanker otak ini sebaiknya Anda kenali betul-betul. Mulai dari penyebab, pengobatan, dan ciri-ciri atau gejalanya. Dengan begitu Anda bisa lebih perhatian. Sekarang mari berlanjut ke faktor penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab kanker otak

Dari faktor dalam

Penyakit kanker otak stadium 1 bisa datang melalui dalam diri sendiri, contohnya terdapat faktor genetik atau keturunan. Jika Anda memiliki kerabat yang sebelumnya ada riwayat penyakit kanker otak, maka persentase Anda terserang kanker otak juga 2x lebih besar dibandingkan seseorang yang riwayat keluarganya tidak ada serangan kanker otak.

Juga jika Anda pernah memiliki riwayat kecelakaan, misalnya benturan kepala. Maka benturan tersebut di lain waktu bisa menyebabkan trauma di jaringan otak. Karena itu dapat timbul jaringan tidak normal di dalam otak, jaringan tidak normal itu bisa berkembang ke penyakit kanker otak.

Dari faktor luar

Untuk faktor luar dari penyakit kanker otak pada stadium 1 yakni radiasi dan pola makan. Juga jika sebelumnya Anda mengkonsumsi obat-obatan dengan terus menerus, bisa menyebabkan efek kanker. Begitu pula kebiasaan merokok, konsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi, pemakaian minyak goreng secara berulang, hingga paparan radiasi, kesemua itu dapat memicu munculnya sel kanker di otak, jadi sama seperti penyebab penyakit kanker jenis yang lain.

Gejala umum

Otak manusia sendiri terdiri atas beberapa bagian, serta fungsi berbeda-beda. Oleh karena itu terdapat beberapa tanda-tanda dari penyakit kanker otak pada stadium 1 yang bisa Anda derita. Gejala-gejala tersebut, yang muncul itu juga bergantung ke lokasi sel kanker otak tersebut tumbuh.

Gejala serebral umum

Gejala ini umumnya berupa adanya psikomotor asthenia, perubahan mental ringan pada pasien kanker otak.

Sakit kepala

Berbeda dibandingkan sakit kepala biasa, di mana sakit kepala yang termasuk gejala kanker otak terasa sangat tidak nyaman.

Muntah dan kejang-kejang

Cara mencegah

Untuk mencegah kanker otak stadium 1, bisa dimulai dengan cara menjalankan lifestyle yang sehat, contohnya konsumsi sayuran yang cukup, konsumsi makanan dengan pola 4 sehat 5 sempurna, hindari merokok, dan hindari konsumsi minuman dengan kandungan alkohol tinggi, juga cukup minum air (8 gelas satu hari), serta istirahat harus cukup. Kurangi penggunaan handphone, sebab radiasi handphone dapat memicu kanker otak, radiasinya berbahaya untuk kesehatan.

Olahraga rutin juga perlu untuk Anda lakukan. Dengan olahraga, maka sirkulasi darah pun akan lancar, sirkulasi darah yang menuju otak. Selain itu jangan lupa rutin mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan antioksidan tinggi juga baik untuk kesehatan.

Pengobatan kanker otak pada stadium 1

Penyinaran

Melalui cara medis dengan penyinaran. Jika penyinaran tak efektif dalam membunuh sel kanker otak yang masuk stadium satu, dilanjutkan metode kemoterapi. Sementara jika masih belum ampuh juga, maka perlu dilakukan operasi pengangkatan sel kanker tersebut, jaringan yang sudah terkena kanker akan diangkat.

Alternatif

Pengobatan yang relatif murah dengan cara alternatif. Yakni dengan metode herbal, banyak masyarakat yang mencari cara ini. Bahkan sekarang peminat metode herbal semakin meningkat, karena minim resiko, banyak tanaman obat penyakit kanker yang sekarang sudah ditemukan.