Stadium kanker otak serta gejala lengkap

Penyakit kanker otak termasuk ke dalam penyakit yang mematikan. Semua orang belum tentu mengerti mengenai gejala dari penyakit kanker, karena memang ini bukanlah penyakit yang umum, berbeda dengan flu dan batuk. Pada negara Indonesia yang merupakan negara berkembang, kanker termasuk penyakit yang menduduki penyakit mematikan nomor satu, dan nomor dua adalah penyakit jantung. Tiap detiknya terdapat masyarakat yang meninggal disebabkan oleh penyakit kanker.

Stadium kanker otak serta gejala lengkap

Apalagi, penyakit kanker termasuk dalam kategori penyakit yang tak mudah disembuhkan. Alasannya adalah faktor penyebab penyakit kanker masih belum jelas. Bagaimana dapat mengobati penyakit yang bahkan faktor penyebabnya saja masih belum jelas? Belakangan ini, pengobatan yang diberikan pada pasien kanker, termasuk kanker otak, hanya untuk memperpanjang usia penderita saja, bukan menyembuhkan total.

Ahli medis menyebutkan jika ingin mengetahui tingkat kesemutan dari pasien kanker itu membutuhkan waktu kurang lebih 5 tahun. Apabila di dalam kurun waktu 5 tahun tersebut ternyata pasien bisa bertahan hidup serta memiliki kondisi stabil, pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh total dari penyakit kanker dan dapat terus menjalani hidup.

Penyakit kanker otak yang mematikan

Jika Anda bertanya, mengapa penyakit kanker otak termasuk berbahaya. Itu karena jika sudah memasuki stadium yang tinggi, atau stadium lanjut, maka harapan hidup pasien pun akan semakin kecil. Contohnya jika penderita kanker stadium 1A itu mempunyai angka hidup yang lebih tinggi dibandingkan seorang penderita kanker stadium 3B.

Karena itulah maka sangat penting untuk masyarakat, juga Anda pembaca sekalian dalam mengetahui gejala awal penyakit kanker otak ini. Jadi, dengan melakukan pengobatan dini, peluang untuk sembuh pun akan semakin meningkat. Dengan alasan yang sama seperti sebelumnya.

Tetapi banyak kasus di mana ditemukan apabila pasien kanker sudah memasuki tahap stadium lanjut ketika mereka berobat. Karena itu banyak yang tidak bisa diselamatkan. Hanya menjalankan pengobatan untuk memperpanjang usia pasien.

Stadium kanker otak

Kanker otak seperti namanya, sel kanker ada dalam otak. Terlindungi otak yang ada tengkorak, jadi penyembuhan kanker pun semakin sulit, walaupun dilakukan operasi. Stadium di penyakit kanker otak ini menyebabkan rasa sakit yang terasa berbeda yang akan dirasakan oleh penderita.

Stadium 1

Kanker otak stadium 1. Gejala yang terjadi sulit dideteksi, disebabkan gejala hampir sama layaknya sakit kepala biasa.

Stadium 2

Penderita merasa cepat lelah, kesehatan menurun drastis, muntah dan mual, dan kejang-kejang. Kejang-kejang karena otak penderita pada organ motoriknya sudah mulai rusak.

Stadium 3

Gejala-gejalanya yaitu sakit kepala hebat, mimisan, tangan kaki susah untuk digerakkan, dan daya memori yang menurun drastis. Walaupun Anda termasuk seseorang dengan daya ingat tinggi, tetapi jika sudah mengalami kanker otak stadium 3, maka daya ingat pun akan tetap menurun, bahkan bisa hilang sama sekali. Tangan kaki yang susah digerakkan karena sel pada otak sudah mulai rusak, keseimbangan tubuh pun akan ikut terganggu.

Stadium 4

Gejala-gejala dari penyakit kanker otak pada stadium 4 antara lain penglihatan terganggu, indera penciuman terganggu, dan pendengaran yang rusak. Di sini efeknya sudah cukup fatal. Bahkan jika berusaha diobati pun akan susah untuk sembuh total.

Radiasi dan kemoterapi untuk penderita kanker di stadium 4 hanya bisa memperpanjang usia pasien bukan menyembuhkan total. Itu karena sel kanker telah menyebar terlalu luas. Bahkan jika berhenti berobat, sel kanker justru bisa bertambah ganas.