Stadium kanker usus Info detail

Stadium kanker usus dimulai stadium 0 hingga stadium 4 yang paling akhir. Untuk stadium 0, juga disebut sebagai stadium awal atau dini. Sementara itu, untuk stadium 4, dikenal juga sebagai stadium akut, stadium akhir.

Orang-orang masih banyak yang belum mengetahui tentang gejala atau ciri-ciri apa per stadium, yang dirasakan oleh penderita kanker usus. Karena itu masih banyak orang terlambat melakukan pengobatan ketika stadium awal. Tak hanya berlaku pada negara berkembang saja, melainkan juga negara Amerika serta Eropa, yang termasuk ke dalam kategori negara maju.

Stadium kanker usus Info detail

Kebiasaan minum alkohol dan kanker usus besar

Mengapa orang Amerika dan juga Eropa masih sering terserang kanker usus besar? Alasannya disebabkan penduduk dari kedua negara tersebut masih suka konsumsi minuman beralkohol. Di mana masyarakat Amerika beserta Eropa juga senang konsumsi daging merah, contohnya hot dog, steak, sosis, serta berbagai makanan lain yang menggunakan daging merah. Seperti diketahui jika daging merah ini termasuk ke dalam bahan makanan yang menjadi pemicu kanker usus besar pada manusia.

Gejala dan ciri dari tiap-tiap stadium penyakit kanker usus juga berbeda-beda. Gejala pada stadium 0 sudah pasti berbeda dengan gejala kanker usus yang telah memasuki stadium 4. Penting untuk Anda mengerti  apabila merasakan tanda-tanda kanker usus, maka penanganan yang cepat dan tepat harus segera dilakukan tidak boleh ditunda-tunda, sebelum kanker usus masuk ke stadium berikutnya.

Stadium 0 – Kanker usus

Untuk stadium penyakit kanker usus memang dimulai atau start dari 0, jadi berbeda dengan stadium kanker lainnya yang mulai dari stadium 1. Untuk tahap 0 disebut juga sebagai “Karsinoma”. Kanker usus besar pada stadium 0, itu sel kanker Cuma berada pada bagian dalam dari lapisan usus besar, ataupun hanya di daerah rektum penderita.

Ciri-ciri, Gejala kanker usus stadium 0

  1. Sembelit
  2. Diare berlebihan
  3. Muntah dan rasa mual pada penderita

Dapat dilihat bahwa pada stadium 0, gejala kanker usus nampak seperti gejala sakit lambung biasa.

Stadium 1 – Kanker usus

Gejala

  1. Berat badan turun drastis
  2. Diare akut

Jika merasakan kedua gejala di atas, Anda sebaiknya segera konsultasi ke dokter spesialis. Untuk mendapatkan diagnosis apakah memang Anda terserang kanker usus atau hanya gejala penyakit biasa saja.

Stadium 2 – Kanker usus

Gejala

Di stadium 2, penderita kanker usus merasakan diare, sembelit, muntah, dan mual untuk waktu berkepanjangan. Apabila diraba daerah usus besar bisa terlihat benjolan. Selain itu juga di tahap kedua ini, tinja penderita bercampur darah, di mana kondisi ini diakibatkan jaringan tumor yang dapat mempengaruhi tinja juga.

Stadium 3 – Kanker usus

Gejala

Perasaan muntah dan mual, berat badan turun drastis, tinja bercampur darah, sembelit, perut terasa kembung, beserta bagian perut bawah terasa nyeri.

Stadium 4 – Kanker usus

Gejala

Berat badan turun, feses berwarna hitam, mual, pusing, muntah, perut terasa penuh, bagian bawah perut terasa nyeri, darah yang keluar dengan tinja, dan feses berubah warna menghitam.

Pengobatan kanker usus stadium 4

Pada stadium 4, pengobatan dilakukan dengan radiofrequency ablation. Di mana metode penghancuran sel tumor menggunakan reaksi panas, kemoterapi intra-arteri, dan cryotherapy atau penghancuran tumor menggunakan metode pembekuan. Pada stadium 4, sel kanker tak bisa diangkat menggunakan metode pembedahan, kemoterapi maupun radiasi, karena bisa mengakibatkan penyebaran sel kanker menjadi lebih luas lagi.