Sumber makanan alami untuk mencegah kanker darah

Kanker darah merupakan jenis kanker yang akan menyerang antibodi tubuh. Kanker ini akan mengikutsertakan sistem kerja dari sel darah putih, sumsum tulang belakang, dan sistem limfatik manusia. Pasien kanker darah mempunyai sum-sum tulang belakang, tempat produksi sel darah putih, namun sel darah putih pada pasien tersebut, yang diproduksi, akan cacat, tak normal, karena itu tak dapat bekerja sempurna.

Sumber makanan alami untuk mencegah kanker darah

Sel darah putih menjadi tak bisa melawan sumber penyakit dan infeksi dengan baik. Kondisi ini bisa membahayakan tubuh seseorang. Kanker darah sendiri termasuk dalam jenis kanker umum serta dapat terjadi mulai anak-anak sampai dengan orang tua juga.

Perawatan akan dibutuhkan, perawatan yang dilakukan juga benar-benar komplek sebab penyebaran dari kanker darah benar-benar cepat.

Makanan yang bisa mencegah kanker darah

Semua orang sudah seharusnya melawan penyakit kanker darah. Tak hanya bagi penderita namun juga seseorang yang masih sehat, termasuk Anda. Salah satu langkah adalah dengan mempertimbangkan nutrisi makanan yang terbaik untuk mencegah penyakit kanker darah.

Adapun jenis-jenis makanan yang dapat dikonsumsi dengan rutin dalam mencegah kanker darah, mulai anak-anak sampai dengan orang tua yaitu:

  • Brussels sprouts

Bahan makanan pertama ini merupakan jenis sayur kubis dan masuk kategori sayuran persilangan. Sayur kubis yang saat ini memang sedang dalam proses pengembangan di daerah Brussels, memiliki bentuk sangat mirip sayur kubis biasa. Tetapi memiliki warna hijau dan memiliki ukuran lebih kecil.

Dengan memakan sayuran Brussels sprouts ini maka bisa mencegah kanker, caranya dengan dikukus atau ditumis, boleh pilih salah satu cara. Terdapat alasan mengapa Brussels sprouts ini dapat membantu mencegah kanker, itu karena sayuran ini memiliki kandungan senyawa sulforaphane.

Ada penelitian yang menyimpulkan jika sayur Brussels sprouts juga memproduksi senyawa sinigrin. Senyawa yang dapat mencegah radikal bebas yang merupakan faktor penyebab penyakit kanker.

  • Kubis merah

Sayur kubis merah biasa dikenal sebagai jenis sayur kubis yang baru, namun sudah banyak orang yang menyukai sayur kubis satu ini. Kubis merah mempunyai bentuk serupa kubis putih standar.

  • Lobak

Sejauh ini masih banyak orang yang tidak senang dengan sayur lobak, karena pengaruh rasanya. Di mana sayur ini memiliki rasa sedikit pahit dan getar. Tetapi ternyata di balik rasanya yang kurang disukai itu, sesungguhnya sayur lobak memiliki khasiat yang tidak bisa dipandang remeh.

Kanker darah dapat dicegah dengan konsumsi sayur lobak. Selain itu, kandungan sulforaphane di lobak bisa menambah sistem antibodi tubuh serta sebagai agen penolak pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

Apabila Anda melihat jika masyarakat Korea dan Jepang membuat lobak sebagai konsumsi wajib, atau sayur wajib, maka itu alasannya. Anda dapat melihat jika jumlah angka penderita kanker darah pada negara Jepang dan Korea benar-benar kecil.

Untuk cara konsumsi supaya bisa memperoleh manfaat maksimal dari sayur lobak ini adalah dengan metode rebus ataupun kukus, sebentar saja jangan terlalu lama. Namun apabila Anda senang, sesungguhnya Anda dapat juga mengkonsumsi lobak mentah.

Jangan lupa juga perhatikan gaya hidup. Gaya hidup yang buruk bisa meningkatkan resiko terserang penyakit kanker darah dan tentu Anda tak ingin itu terjadi. Biasakan menjaga kesehatan pencernaan selalu, rajin konsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi juga minuman yang memiliki kandungan probiotik, contohnya yogurt.