Tes Pap Smear mari kenali lebih jauh

FacebookTwitter

Penyakitkankertumor.com – Pap Smear adalah sebuah metode tes yang dipakai dengan tujuan mengetahui apakah dalam tubuh seseorang itu ada sel kanker berbahaya atau tidak. Nama lain dari tes ini yaitu tes Papanikolaou, yang dilakukan terutama untuk wanita dalam melihat gejala dari penyakit kanker serviks yang mungkin sedang dialami. Tes Pap Smear untuk seorang wanita bisa menyelamatkan nyawa mereka.

Tes Pap Smear mari kenali lebih jauh

Keuntungan melakukan tes Pap Smear

Informasi kesehatan tumor terlengkap. Tumor harus ditangani sebelum terlambat.

Sponsored ads

Tips untuk Anda, selalu jaga kesehatan, hindari segala yang beresiko menyebabkan tumor.

Tes Pap Smear bisa membantu untuk mendapatkan pengobatan dini, khususnya dari serangan kanker serviks stadium awal. Karena penyakit kanker serviks yang kerap menyerang wanita sering diketahui saat sudah stadium lanjut, dan itu sudah terlalu terlambat. Tes Pap Smear pun bisa mendeteksi perubahan di sel-sel rahim, di mana itu mungkin dapat berkembang berubah menjadi penyakit kanker serviks di lain waktu.

Proses & Tahapan tes Pap Smear

Buka baju

Pakaian yang perlu ditanggalkan mulai bagian pinggang sebelah bawah, untuk memudahkan pemeriksaan. Berikutnya Anda diberikan baju khusus yang disediakan oleh pihak rumah sakit. Itu untuk mempermudah melakukan tes Pap Smear.

Duduk pada meja pemeriksaan

Berbaring & rileks

Rileks, di pemeriksaan ini sangat penting untuk Anda lakukan. Supaya bisa rileks, jika ini kali pertama Anda mencoba tes Pap Smear, bisa dengan menggoyangkan jari kaki, dengan begitu otot di kaki sampai pinggul akan lebih rileks. Tetapi jika Anda sudah cukup sering menjalani tes ini, Anda akan terbiasa dan langsung rileks.

Pengecekan sisi luar vagina

Bagian luar dari vulva akan petugas sentuh, tujuannya membuka labia, dengan begitu bagian genital bisa terlihat. Kemudian akan dilihat jika terdapat sesuatu yang tidak normal atau tidak pada bagian vagina pasien.

Speculum dimasukkan dengan tujuan membuka vagina

Tahap berikutnya yakni memasukkan alat yang disebut spekulum. Proses pemasukan ini aman, Anda tak perlu khawatir vagina terluka. Yang terpenting Anda harus tetap rileks dan tenang.

Spekulum dimasukkan dengan tujuan memperlebar bukaan dari organ vagina. Dengan begitu, pemeriksaan lebih lanjut pun akan bisa Anda lakukan. Masing-masing wanita mungkin memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda, serta kondisi vagina yang juga tidak sama, karena itu spekulum pun akan dipilih yang sesuai oleh petugas medis.

Mengumpulkan sampel jaringan sisi luar mulut rahim

Sesudah alat spekulum berada pada posisi yang tepat, selanjutnya petugas pun mengambil sampel jaringan di mulut rahim sebelah luar, atau ektoserviks. Mengambil sampel jaringan tersebut memakai alat yang sejenis spatula khusus, dan memang dibuat untuk tujuan tersebut.

Mengambil sampel jaringan sisi saluran mulut rahim sampai bagian dalam dari rahim

Pengambilan sampel jaringan di bagian saluran dari mulut rahim beserta bagian dalam dari rahim. Pada tahap yang satu ini, dilakukan dengan bantuan alat berbentuk sikat dan memiliki bentuk seperti sapu kecil, alat tersebut dinamakan Cytobrush.

Mencopot spekulum

Speculum yang sudah dipasang sebelumnya akan dilepas, jadi tes Pap Smear telah usai. Juga akan dilakukan pemeriksaan di bagian ovarium dan uterus pasien. Ketika proses ini dijalankan, petugas medis hanya memakai tangan, merasakan ke 2 bagian ini yang sesungguhnya tak dapat dilihat.

Mengecek sampel jaringan

Laporan pemeriksaan

Di sini sudah diketahui jika pasien sesungguhnya mempunyai sel kanker atau tidak baik itu di mulut rahim ataupun di bagian rahim. Pemeriksaan berupa laporan tertulis tentang kondisi dari sel pada rahim dan mulut rahim.

Tes Pap Smear mari kenali lebih jauh | penuliskesehatan | 4.5