Tetap dapat menikmati makanannya, begini cara pasien Kanker melakukannya

FacebookTwitter

Penelitian sudah ratusan kali dilakukan, penelitian untuk menduga macam minuman dan makanan yang dapat memicu penyakit kanker serta sebaliknya. Namun ketika seseorang terserang penyakit ini, apakah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka? Seseorang yang menderita kanker tidak memiliki persyaratan khusus, contohnya makan makanan organik, minum suplemen, atau menghindari daging. Namun untuk beberapa pasien memang makanan merupakan sebuah masalah, sebab indra perasa pasien kanker tersebut akan berubah drastis. Di mana perubahan tersebut disebabkan oleh perawatan kanker yang mereka jalani. Bagi beberapa pasien memang rasa makanan dapat berubah, menjadi rasa metal, begitu pula teh dan kopi, rasanya akan menjadi aneh.

Tetap dapat menikmati makanannya, begini cara pasien Kanker melakukannya

Untuk pasien yang lain bahkan kondisinya dapat lebih parah, di mana mulut mereka menjadi kering kemudian dipenuhi sariawan. Tentu saja kondisi ini membuat aktivitas makan menjadi sebuah aktivitas yang menyiksa, padahal seharusnya dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan. Perubahan lingkungan mulut dan rasa tersebut disebabkan karena macam-macam faktor, beberapa di antaranya yakni kerusakan di tubuh disebabkan oleh serangan kanker. Selain itu, rasa metalik juga dapat muncul disebabkan efek samping obat kemoterapi tercampur air liur, dan mengenai indra perasa pada lidah.

Informasi kesehatan tumor terlengkap. Tumor harus ditangani sebelum terlambat.

Sponsored ads

Tips untuk Anda, selalu jaga kesehatan, hindari segala yang beresiko menyebabkan tumor.

Menggunakan saus cabai

Disebutkan oleh seorang dokter bahwa untuk mengatasi masalah rasa yang berubah itu, maka makanan yang dikonsumsi dianjurkan ditambah dengan saus cabai. Bagi kondisi mulut yang kering, maka cobalah mengkonsumsi makanan lunak, contohnya jeli, sup, dan bubur pun juga direkomendasikan. Sudah dicoba macam-macam resep bagi pasien kanker sebelumnya, dokter Clare Shaw menerbitkan buku resep dengan tajuk “The Royal Marsden Cancer Cookbook”. Tentunya resep-resep ini bukanlah resep masakan biasa, namun resep masakan yang cocok dikonsumsi oleh pasien kanker. Rata-rata pasien menyukai masakan sup dari resep tersebut.

Mengapa sup?

Tentu saja ada alasan di baliknya, mengapa pasien kanker rata-rata menyukai sup. Itu karena sifat dari makanan tersebut, di mana sup itu mudah ditelan, sifatnya cair, karena itu pula sup menjadi pilihan utama makanan bagi pasien kanker. Namun memang ahli gizi sering mengatakan pada pasien jika sup itu rendah protein dan energi. Jadi mungkin tetap harus dikombinasikan dengan jenis makanan dan minuman yang lainnya. Agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap tercukupi, dan pasien kanker bisa bertahan hidup serta kondisi tubuhnya membaik.

Pasien kanker mungkin saja memanfaatkan sup untuk pengganti makan, tetapi makanan ini tak dapat memberikan nutrisi sama apabila dibandingkan dengan makan biasa. Itu disebutkan oleh Dr. Clare Shaw. Makanan dengan energi tinggi yakni ayam, juga sup namun yang dibuat dengan bahan-bahan yang bernutrisi tinggi dapat dijadikan alternatif. Dari sini semua intinya yakni harus berusaha sefleksibel mungkin untuk makan apa yang dapat dimakan ketika dalam kondisi serangan penyakit kanker.

Tips untuk mengatasi mual yang merupakan efek samping pengobatan kanker

  • Konsumsi 6 jenis makanan kecil, teratur sepanjang hari
  • Rencanakan menu keseharian terlebih dahulu
  • Sediakan makanan ringan setiap saat
  • Cari seseorang saat menyiapkan makanan
  • Pilih makanan yang memiliki aroma menarik
  • Pilih makanan dengan protein tinggi serta tinggi energi
  • Konsumsi sarapan yang memiliki kandungan paling tidak 1/3 jumlah kalori harian minimal tubuh
  • Coba makanan baru tiap hari, entah itu yang Anda suka maupun kurang disukai, untuk mencegah kebosanan

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda mengerti. Sekian artikel tentang tips bagaimana penderita kanker dapat menikmati makanannya, tak menyita waktu dan tenaga.

Tetap dapat menikmati makanannya, begini cara pasien Kanker melakukannya | penuliskesehatan | 4.5