Tipe penyakit leukemia, dan Penyebab

Penyakit kronis leukemia, dapat memburuk secara perlahan seiring waktu. Tetapi juga bisa memburuk dengan cepat, karena itu termasuk ke dalam kategori penyakit akut. Melihat seberapa cepat leukemia berkembang kemudian memburuk, terbagi ke dalam beberapa tipe, bisa Anda baca di bawah ini.

Tipe penyakit leukemia, dan Penyebab

Penyakit leukemia umumnya muncul sejak usia dini, disebabkan oleh perkembangan dari sel darah putih yang abnormal, yang diproduksi sumsum tulang belakang maupun terlalu berlebihan. Apabila produksi dari sel darah putih berlebihan, terlalu banyak, maka bisa menjadi faktor penyebab terjadinya gejala anemia. Juga mudah terserang infeksi dan pendarahan.

Type leukemia

Leukemia kronis – Awal mula penyakit ini, sel darah abnormal masih bisa melakukan fungsi mereka dengan baik. Penderita leukemia kronis mungkin saja tak akan merasakan gejala atau tanda-tanda apapun. Namun, seiring waktu dan perlahan, penyakit ini semakin memburuk, saat jumlah dari sel-sel leukemia yang terdapat dalam darah bertambah signifikan, barulah gejala leukemia akan dirasakan.

Leukemia akut – Jenis yang kedua adalah leukemia akut. Di penyakit ini, sel darah akan mengalami kondisi sangat abnormal. Karena itu tak lagi bisa menyelesaikan fungsi normal sel darah tersebut. Disebabkan karena jumlah dari sel yang tidak normal mengalami peningkatan dengan cepat, maka leukemia akut akan memburuk dengan cepat pula.

Tipe-tipe umum

Anda juga perlu mengetahui apa saja tipe-tipe umum penyakit leukemia, yaitu:

  • Chronic Myelogenous Leukemia – CML

Tiap tahunnya muncul kurang lebih sebanyak 4400 kasus baru terkait CML ini. Leukemia Myeloid kronis biasanya menyerang orang usia dewasa.

  • Chronic Lymphoblastic Leukemia – CLL

Tiap tahun, kasus baru yang terjadi antara 7000 kasus. Orang-orang tersebut menderita jenis leukemia yang satu ini. Rata-rata penderita leukemia limpositis kronis adalah orang dengan usia melebihi 55 tahun, karena itu CLL secara garis besar tak pernah terjadi pada anak-anak.

  • Acute Myelogenous Leukemia – AML

Yang berikutnya adalah AML, kurang lebih terdapat kasus baru per tahun sebanyak 10600 kasus. Leukemia Myeloid Akut umumnya menyerang anak-anak hingga orang dewasa, jadi semua memiliki potensi terserang yang sama.

  • Acute Lymphocytic Leukemia – ALL

Yang terakhir adalah ALL, per tahun kasus baru yang muncul kurang lebih 3800 kasus. Lebih sedikit dibandingkan kasus baru pasien AML. Leukemia Limpositis Akut ini biasa terjadi pada anak-anak muda, tetapi belakangan ALL juga sudah mulai menjangkiti orang usia dewasa.

Penyakit leukemia berdasarkan tipe-tipenya tersebut, dapat dikategorikan berdasar pada tipe dari sel darah putih yang ikut terpengaruh. Penyakit ini bisa timbul di sel-sel lymphoid, sel-sel myeloid. Karena itu leukemia pun dikategorikan menjadi:

  • Myeloid Leukemia

Leukemia yang akan mempengaruhi sel-sel myeloid

  • Lymphocytic Leukemia

Leukemia yang akan mempengaruhi sel-sel lymphoid

 

Faktor penyebab leukemia

Untuk penyebab pasti masih belum diketahui. Tetapi berdasar pada kondisi dan kasus yang ada. Penyakit leukemia ini bisa disimpulkan berasal dari beberapa jenis faktor penyebab, antara lain:

  • Radiasi

Penderita leukemia setelah peristiwa bom atom di Jepang, semakin meningkat banyak.

  • Leukemogenik

Efek racun-racun kimia pada bahan kimia industri juga penggunaan obat kemoterapi.

  • Virus

Contohnya adalah HTLV-1 dan virus leukemia feline, retrovirus, di orang dewasa.

  • Herediter, penderita Down Syndrom

Itulah beberapa faktor penyebab dari penyakit leukemia yang perlu Anda ketahui. Karena itu Anda harus lebih berhati-hati.