Type tumor, kanker otak, serta Pilihan perawatannya

Kanker otak adalah penyakit di mana sel-sel otak tertentu berkembang dan membentuk massa yang mengganggu fungsi umum otak seperti kontrol otot, sensasi, memori dan fungsi-fungsi lain yang membantu Anda mengontrol tubuh Anda. Tumor yang terdiri dari sel-sel kanker tumbuh dan menyebar ke bagian-bagian lain otak. Ini disebut tumor ganas. Mereka tumor bukan kanker, tidak menyebar dan pada dasarnya setempat. Ini disebut tumor jinak. Tumor utama adalah mereka yang berkembang di dalam sel-sel otak. Sementara itu, tumor sekunder adalah mereka yang berkembang di dalam bagian-bagian tubuh yang lain dan kemudian menyebar ke otak. Ini juga dikenal sebagai tumor metastatik.

Type tumor, kanker otak, serta Pilihan perawatannya

Stage kanker otak

Ada empat klasifikasi yang berbeda dari kanker otak:

  • Stage I – Tumor jinak dengan tingkat pertumbuhan yang lambat. Terlihat seperti sel-sel otak yang normal.
  • Stage II – Tumor ganas yang terlihat kurang lebih seperti tumor Stage I.
  • Stage III – Tumor ganas yang tampak sangat berbeda dari sel-sel normal. Mereka berkembang secara aktif dan terlihat jelas sebagai sel yang tidak normal.
  • Stage IV – Tumor ganas dengan sel-sel abnormal yang tumbuh dan menyebar dengan cepat.

Pengobatan kanker tumor Otak

Pendekatan pengobatan kanker otak yang disesuaikan berdasarkan diagnosis individu. Pengobatan tergantung pada jenis kanker, lokasi di dalam otak, ukuran tumor dan usia dan kesehatan umum pasien.

Pilihan pengobatan untuk tumor otak dikategorikan sebagai operasi, terapi radiasi dan kemoterapi. Seperti diagnosis individu, kombinasi setiap aturan yang dinyatakan di atas digunakan.

Dengan pembedahan, tumor dipotong dari jaringan normal. Ini adalah satu pendekatan invasif untuk mengobati kanker. Dua metode yang lain adalah tidak invasif. Terapi radiasi membantu menghancurkan tumor dengan radiasi berenergi tinggi yang fokus pada tumor untuk menghancurkan sel-sel. Ia menghancurkan kemampuan tumor untuk membelah diri dan menyebar. Umumnya X – Rays atau sinar Gamma digunakan untuk tujuan ini. Radiasi ini benar-benar terfokus dan tidak mempengaruhi jaringan sehat di sekitar tumor.

Dalam kemoterapi, obat-obatan tertentu digunakan untuk menghancurkan sel-sel tumor. Ada banyak jenis obat yang digunakan. Obat-obat ini dirancang untuk melawan berbagai jenis sel-sel kanker. Keseluruhan prosedur akan tetap menjaga sel-sel tubuh yang sehat aman dari efek obat. Namun ada juga yang menyebutkan jika metode kemoterapi, obat yang digunakan untuk membunuh sel kanker terkadang tidak bisa membedakan dengan sel yang sehat. Untuk lebih jelasnya, Anda sebaiknya menanyakan perihal ini kepada dokter.

Beberapa tumor dinyatakan tidak dapati dioperasi karena alasan tertentu, operasi mengeluarkan mereka dapat memberi efek negatif pada bagian-bagian lain dari otak. Ahli bedah menyadari mengenai kondisi ini. Namun, sangat penting untuk memahami bahwa seorang dokter dapat menyatakan tumor yang tidak dapat dioperasi, tetapi ahli bedah lain mungkin bisa melakukannya, jadi semua itu juga tergantung, bisa berbeda. Karena itu adalah ide yang baik untuk mengambil beberapa pendapat sebelum memutuskan untuk menyerah pada serangan kanker.

Pilihan pengobatan lain mungkin termasuk perawatan panas dan imunoterapi. Untuk semua prosedur yang ditentukan, ada beberapa efek samping. Dengan operasi, mungkin bengkak, kerusakan mungkin dapat terjadi pada jaringan sehat atau kejang. Dengan kemoterapi, pasien dapat mengalami mual, muntah-muntah, rambut rontok dan tingkat energi yang rendah atau kelelahan. Terapi radiasi diketahui memiliki efek samping yang sama seperti kemoterapi.